Analisis Tema Fantasi dalam Komunitas Malang Vespa

Reynaldi, Fazadio (2018) Analisis Tema Fantasi dalam Komunitas Malang Vespa. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Ketertarikan para pecinta vespa untuk ikut bergabung dalam sebuah komunitas vespa merupakan sebuah langkah untuk saling berbagi Interest and Values, hal ini dilakukan dalam berbagai macam kegiatan yang dilakukan oleh Komunitas yang mana memunculkan proses-proses komunikasi. Proses-proses komunikasi yang terjadi menciptakan keharmonisan dalam berkelompok, maka perlu dikaji pandangan dari anggota dengan menggunakan pola naratif atau wacana dialektik mengenai realitas yang terbentuk melalui cerita-cerita atau tema fantasi yang merefleksikan bagaimana sesuatu itu dapat dipercaya, dipahami, dan diaplikasikan. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui apa saja tema-tema fantasi yang terbentuk dalam komunitas Malang Vespa. Dalam melakukan analisis tema fantasi peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif, yaitu penelitian yang pembahasannya tidak melihat pada angka-angka, akan tetapi langsung dinarasikan dalam bentuk penjelasan tentang fenomena yang akan dibahas dengan bertujuan untuk memahami makna sehingga menghasilkan daya deskriptif berupa kata-kata. Tema Fantasi dengan pijakan teori konvergensi simbolik dapat digunakan untuk membedah konstruksi makna dalam tataran interpersonal, kelompok, organisasi, dan media massa. Dalam konteksnya, penelitian ini bertujuan untuk menemukan tema-tema fantasi yang memiliki makna yang saling dipahami oleh anggota komunitasnya yang tergambar dalam tatanan realitas simbolik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tema-tema fantasi yang terbentuk adalah Jabat tangan mengikat, Tim Sapu Bersih, Onderdil, dan Amunisi. Berbagi Tema Fantasi ini membantu komunitas Malves dalam menafsirkan interaksi dan menciptakan realitas yang simbolik dalam komunitasnya, hal ini juga dilakukan sehingga mereka dapat menciptakan komunikasi yang empatik dan menjadi faktor terbentuknya komunitas yang harmonis dan solid yang juga memiliki identitas yang membedakannya dengan komunitas lain. Berbagi tema fantasi ini juga mengembangkan penafsiran umum anggota komunitas berdasarkan pengalaman mereka dengan interpretasi bersama menggunakan isyarat-isyarat simbolik.

English Abstract

The interest of vespa lovers to join a vespa community is a step to share Interest and Values, this is done in a variety of activities conducted by the Community which leads to communication processes. The communication processes that occur create harmony in groups, it is necessary to examine the views of the members by using a narrative pattern or dialectical discourse about the reality formed through stories or fantasy themes that reflect how something can be trusted, understood and applied. The purpose of this research is to searching for fantasy themes that formed in Malang Vespa community. In doing the fantasy theme analysis, researcher using qualitative research method, that is the research that the discussion does not look at the numbers, but directly narrated in the form of explanation about the phenomenon which will be discussed with the aim to understand the meaning to produce descriptive power in the form of words. Fantasy Theme with the foothold of symbolic convergence theory can be used to dissect constructions of meaning in interpersonal, group, organization and mass media. In the context of this study, it aims to find fantasy themes that have mutually understood meanings by members of his community that illustrated in the order of symbolic reality. Results of the research show Fantasy Themes that formed are Binding Handshake, Tim Sapu Bersih, Onderdil, and Amunisi. Sharing the Fantasy Themes helps the Malves community in interpreting interactions and creating symbolic realities in their communities, so they can create empathetic communication and become a solid and harmonious community that also has an identity that distinguishes it from other communities. Sharing this fantasy theme also develops a common interpretation of the community members based on their experience with shared interpretations using symbolic cues.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2018/379/051805508
Uncontrolled Keywords: Tema Fantasi, Realitas Simbolik, Isyarat Simbolik, Konvergensi Simbolik-Fantasy themes, Symbolic Reality, Symbolic Cues, Symbolic Convergence
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.3 Social interaction within groups
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 05 Aug 2019 07:55
Last Modified: 20 Jan 2022 03:45
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/163973
[thumbnail of Fazadio Reynaldi.pdf]
Preview
Text
Fazadio Reynaldi.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item