Ruang Publik Budaya Dhek Khanhe'en Di Sungai Pekalen(Studi Kasus Pada Masyarakat Desa Pendil, Kecamatan Banyuanyar, Kabupaten Probolinggo)

Prabowo, Rifan Dwi (2018) Ruang Publik Budaya Dhek Khanhe'en Di Sungai Pekalen(Studi Kasus Pada Masyarakat Desa Pendil, Kecamatan Banyuanyar, Kabupaten Probolinggo). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini membahas tentang perempuan dalam menjalankan budaya Dhek Khanhe'en di Sungai Pekalen dan pengaruhnya pada peran perempuan dalam pengambilan keputusan keluarga dan kegiatan sosial di masyarakat. Budaya Dhek Khanhe'en merupakan aktivitas dan diskusi perempuan dalam kehidupan seharisehari di Sungai Pekalen, berawal dari aktivitas perempuan mandi, mencuci, dan mengerjakan tugas domestik lainnya sehingga menimbulkan diskusi atau perbincangan yang kemudian disebut budaya di Sungai Pekalen. Fokus penelitian ini yaitu melihat bagaimana perempuan menjalankan budaya di Sungai Pekalen dan pengaruhnya pada pengambilan keputusan di dalam keluarga dan kegiatan sosial. Penelitian ini menggunakan teori ruang publik dari Jurgen Habermas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik dalam pemilihan informan didalam penelitian ini adalah Purposive Sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini dapat diketahui bahwa perempuan dalam menjalankan budaya terdapat diskusi antara perempuan ketika mengerjakan tugas domestiknya di Sungai Pekalen. Diskusi tersebut meliputi upaya perempuan untuk mencari rumput pakan ternak, pendidikan anak, pekerjaan suami, mengatur keuangan keluarga, kegiatan arisan dan kegiatan pengajian di masyarakat. Di dalam menjalankan budaya juga menciptakan nilai-nilai yang disepakati bersama oleh perempuan seperti nilai silaturahmi, saling tolong menolong, mengajak perempuan lain ketika ke sungai dan di cap sombong ketika juga sebagai kesepakatan bersama untuk perempuan tidak hanya mengerjakan tugas domestiknya di Sungai Pekalen. Seperti untuk mencari teman mencari rumput bersama, mengantar anak sekolah bersama, mencarikan suami kerja, ikut arisan dan pengajian. Pengaruhnya pada pengambilan keputusan di dalam keluarga, perempuan kemudian membantu suami mencari rumput untuk beternak, mengatur pendidikan anak, mengatur keuangan keluarga dan mencarikan pekerjaan suami. Sedangkan di dalam masyarakat perempuan berperan pada kegiatan sosial seperti arisan dan pengajian.

English Abstract

This study discusses women in running Dhek Kandhe'en culture in Sungai Pekalen and its influence on women role in family decision making and social activity in society. Dhek Kandhe'en Culture is a activity and discussion of women in daily life in Sungai Pekalen, starting from the activities of women bathing, washing, and doing other domestic duties that lead to discussion or conversation which is then called Dhek Kandhe'en culture on the Sungai Pekalen. The focus of this research is to see how women running Dhek Kandhe'en culture on Sungai Pekalen and its influence on decision making in family and social activities. This study uses public space theory of Jurgen Habermas. The method used in this research is qualitative method with case study approach. Technique in selection of informant in this research is Purposive Sampling. Data collection methods used by researchers is by observation, interview and documentation. The results of this study can be seen that women in running Dhek Kandhe'en culture there is discussion between women when doing their domestic duties in Sungai Pekalen. The discussion included the efforts of women to seek for grasses for fodder, for children's education, for husband's work, to organize family finances, social gatherings and recitals activities in the community. In running the culture Dhek Kandhe'en also creates the values that are shared by women such as the value of hospitality, help each other, invite other women when to the river and the stamped when not running. Then the motivation in carrying out the Dhek Kandhe'en culture is also a mutual agreement for women not only to do their domestic tasks in Sungai Pekalen. Like to find friends looking for grass together, take school children together, find a husband work, join social gathering and recitation. His influence on decision-making in the family, women then help husbands looking for grass to raise livestock, organize children's education, manage family finances and find the husband's job. While in the women's society play a role in social activities such as social gathering and recitation.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2018/414/051805866
Uncontrolled Keywords: Women, Dhek Kandhe'en Culture, Influence-Perempuan, Budaya Dhek Kandhe'en, Pengaruh
Subjects: 300 Social sciences > 306 Culture and institutions > 306.4 Spesific aspects of culture
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 10 Oct 2019 06:54
Last Modified: 14 Mar 2022 02:58
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/163969
[thumbnail of Rifan Dwi Prabowo.pdf]
Preview
Text
Rifan Dwi Prabowo.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item