Motivasi Pemerintah Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta Pada Jaringan Transnasional United Cities and Local Governments Asia Pacific (UCLG ASPAC) : Studi Kasus Pembangunan Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA)

Fauzan, Daris Rafi (2018) Motivasi Pemerintah Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta Pada Jaringan Transnasional United Cities and Local Governments Asia Pacific (UCLG ASPAC) : Studi Kasus Pembangunan Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Aktor dalam Studi Hubungan Internasional saat ini tidak hanya individu, negara, dan sistem internasional, melainkan adanya aktor lain seperti Pemerintah Daerah (Pemda) yang memiliki kepentingan di tingkat internasional. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui motivasi Pemerintah Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta pada jaringan transnasional pemerintah daerah yang dimiliki oleh United Cities and Local Governments Asia Pacific (UCLG ASPAC) dengan studi kasus pembangunan Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) di Jakarta. Penulis menggunakan Konsep Local Government Transnational Network (LGTN) untuk menganalisa motivasi dari Pemprov DKI Jakarta pada suatu jaringan transnasional Pemda. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat tiga motivasi utama Pemprov DKI Jakarta yaitu obtaining funding, lobbying and influence, dan policy transfer. Selain itu, aktor lokal merupakan aktor dalam hubungan internasional karena terdapat fenomena-fenomena di tingkat lokal yang harus di advokasi di tingkat internasional, serta fenomena di tingkat lokal masih menjadi fenomena mikro yang penting untuk dibahas di tingkat internasional.

English Abstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2018/320/051804992
Uncontrolled Keywords: Motivasi pemerintah daerah, Jaringan transnasional pemerintah daerah, Pemprov DKI Jakarta, UCLG ASPAC, Local Government Transnational Network
Subjects: 100 Philosophy, parapsychology and occultism, psychology > 155 Differential and development psychology > 155.4 Child psychology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 11 Jul 2019 03:06
Last Modified: 14 Mar 2022 02:52
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/163960
[thumbnail of Daris Rafi Fauzan.pdf]
Preview
Text
Daris Rafi Fauzan.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item