Perubahan Pengetahuan tentang Penghijauan Oleh Sobat Bumi di Kota Malang

Widyandhani, Hayuning (2018) Perubahan Pengetahuan tentang Penghijauan Oleh Sobat Bumi di Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai bagaimana perubahan pengetahuan tentang penghijauan oleh organisasi Sobat Bumi di Kota Malang. Terbentuknya SOBI berawal pada tahun 2012 yaitu dari penerimaan beasiswa pertamina foundation. Penerima beasiswa tersebut merupakan para penggerak SOBI, selain itu SOBI juga mengajak pemuda lainnya untuk dijadikan sukarelawan dalam melakukan program kerja yang disusun oleh Pertamina Foundation. Namun pada tahun 2014 SOBI memutuskan untuk menjadi organisasi yang Independen dengan alasan kurangnya dukungan dana dari pihak Pertamina untuk program kerja Penelitian ini menjelaskan bagaimana perbedaan dan perubahan yang terjadi pada SOBI saat masih dalam naungan Pertamina hingga memutuskan menjadi organisasi yang Independen dengan menggunakan teori arkeologi pengetahuan Michel Foucault. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data mulai dari observasi, dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa terdapat perubahan konsep maupun pengetahuan pada SOBI. Perubahan pengetahuan yang semakin berkembang berdampak pada semakin beragamnya program kerja yang dicanangkan oleh SOBI. Akan tetapi, masih terdapat beberapa unsur maupun elemen yang sama seperti adanya program kerja Sobat Bumi Goes to School yang dari awal berdirinya SOBI hingga sekarang masih dijalankan. Kemudian terdapat keterlibatan pengurus lama dalam kepengurusan SOBI saat ini, dan terbukanya kesempatan bagi masyarakat umum untuk ikut serta dalam kepengurusan SOBI.

English Abstract

This research aims to discuss on how a changing knowledge of re-greening occured in an organization, namely “Sobat Bumi” (herein after called “SOBI”), when it was under Pertamina Foundation supervisory and after deciding to become independent organization, at Malang city. SOBI was established in 2012, which founders were scholarship recipients from Pertamina Foundation. Over the time, SOBI invited young people outside the community to join in as volunteers in executing work programs arranged by Pertamina Foundation. However, SOBI decided to become an independent organization in 2014. The separation happened because there was a lack of financial support from Pertamina Foundation to finance operational matters of the organization in executing work programs. This reseach examines the knowledge change by employing Archaeology of Knowledge theory, introduced by Michel Foucault. Furthermore, this research utilizes qualitative-descriptive approach for its analysis. Meanwhile, the researcher collects primary and secondary data through observation, documentation, and interviews. The analysis exhibits valid evidence on concept and knowledge changes due to management shift within SOBI organization. The continuous developing and changing knowledge occur within the organization yield to more various work programs designed by SOBI. However, some original work programs are retained, such as “Sobat Bumi Goes to School” that is still running in the present time. Former organizational members are still involving to the current management board and open opportunity for people outside the community to join in the SOBI memberships.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2018/344/051805058
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan, Arsip, Lingkungan, Organisasi-Knowledge, Archive, Environment, Organizatio
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 060 General organizations and museology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 10 Oct 2019 03:37
Last Modified: 14 Mar 2022 02:47
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/163954
[thumbnail of Ziqri Rahman.pdf]
Preview
Text
Ziqri Rahman.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item