Nadipurnomo, Ega Adiyasa (2018) Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Preferensi Nasabah Dalam Memilih Produk Tabungan Mudharabah Di Bank Syariah (Studi Pada Bank Syariah Mandiri Cabang Cibinong, Kabupaten Bogor. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor religiusitas, produk bank, pelayanan dan pengetahuan terhadap preferensi nasabah dalam memilih produk tabungan mudharabah di bank syariah. Penelitian ini menggunakan sampel 95 responden dari 1778 nasabah tahun 2017 di Bank Syariah Mandiri Cabang Cibinong, Kabupaten Bogor. Data yang dikumpulkan menggunakan kuesioner dengan skala likert. Data di uji menggunakan uji validitas dan reliabilitas yang dilakukan dengan menggunakan IBM SPSS 24.0. Serta untuk mengetahui pengaruh religiusitas, produk bank, pelayanan dan pengetahuan terhadap preferensi nasabah dalam memilih produk tabungan mudharabah di bank syariah digunakan analisis logistik dengan dibantu alat uji yaitu IBM SPSS 24.0, tetapi sebelum uji analisis logistik dilakukan terlebih dahulu dilakukan uji multikolinearitas guna melihat bahwa tidak ada keterkaitan antara variabel bebas yang digunakan. Hasil analisis logistik menunjukkan bahwa faktor religiusitas, produk bank, pelayanan dan pengetahuan berpengaruh terhadap preferensi nasabah memilih produk tabungan mudharabah di bank syariah, tetapi terdapat salah satu faktor yaitu produk bank dimana ketika tingkat produk bank meningkat maka justru menurunkan preferensi nasabah dalam memilih produk tabungan mudharabah di Bank Syariah Mandiri Cibinong
English Abstract
Purposed of this research was to understand the effect of religiosity, bank product, service and knowledge toward customer preference in the chosen of mudharabah savings product in Islamic Bank. Sample of this research used 95 respondents from 1778 customers in 2017 at Syariah Mandiri Bank branch Cibinong, Bogor Regency. Collected data were questionnaires with likert scale. Analysis method was using validity and reliability test and applied in IBM SPSS 24.0. To determine the effect of religiosity, bank product, service and knowledge toward customer preference in the chosen of mudharabah savings product in Islamic bank were used logistic analysis. Before did the logistic test, this research should did multicollinearity test to observe that there was no linkage between independent variables. Result of the logistic analysis describe that religiosity, bank product, service and knowledge were influence the customer preference in the chosen of mudharabah savings product in Islamic bank. But there was a factor, when this factor increase it decreases costumer preference in the chosen of mudharabah savings product at Syariah Mandiri Bank branch Cibinong, Bogor Regency. This factor was bank product.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FE/2018/209/051804599 |
Uncontrolled Keywords: | Perbankan Syariah, Preferensi Menabung, Religiusitas, Produk Bank, Pelayanan, Pengetahuan, Islamic Bank, Savings Preference, Religiosity, Bank Product, Service, Knowledge |
Subjects: | 300 Social sciences > 332 Financial economics > 332.1 Banks |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi |
Depositing User: | Nur Cholis |
Date Deposited: | 07 May 2019 06:32 |
Last Modified: | 20 Oct 2021 03:40 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/163937 |
Text
Ega Adiyasa Nadipurnomo.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Actions (login required)
View Item |