Pengaruh Perilaku Aparat Pajak Terhadap Kepuasan Wajib Pajak Melalui Kualitas Pelayanan Pbk Dan Bbnkb Pribadi (Studi Pada Upt. Badan Pendapatan Daerah Kota Denpasar

Sari, Valentina Pradnya (2018) Pengaruh Perilaku Aparat Pajak Terhadap Kepuasan Wajib Pajak Melalui Kualitas Pelayanan Pbk Dan Bbnkb Pribadi (Studi Pada Upt. Badan Pendapatan Daerah Kota Denpasar. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Perilaku Aparat pajak pada UPT. Badan Pendapatan Daerah Kota Denpasar yang berpengaruh terhadap Kepuasan dari Wajib Pajak Pribadi yang dihasilkan serta dinilai berdasarkan Kualitas Pelayanan. Indikator dalam mengukur kinerja Aparat Pajak (kepedulian, kedisiplinan, tanggung jawab, keadilan, kesopanan) dan indikator Kepuasan Wajib Pajak (Overall Satisfaction, Expectation, Experience) serta dimensi dari Kualitas Pelayanan (bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan, empati) dengan menggunakan Iner dan Outer model. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Metode pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari analisis diketahui bahwa variabel perilaku aparat berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas pelayanan, variabel perilaku aparat berpengaruh langsung dan signifikan terhadap kepuasan wajib pajak, dan variabel kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel kepuasan. Maka dari itu, Diharapkan pihak UPT. Badan Pendapatan Daerah Kota Denpasar dapat mempertahankan serta meningkatkan pelayanan terhadap Perilaku Aparat, karena variabel Perilaku Aparat mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Kepuasan Wajib Pajak dan Kualitas Pelayanan, di antaranya yaitu dengan tranning serta pengawasan yang optimal sehingga Kualitas Pelayanan akan meningkat.

English Abstract

This research aims to analyze the Behavior of Tax Apparatus at Executive Unit of Regional Income Body in Denpasar City in affecting Personal Taxpayer Satisfaction that has performed and assessed based on the Service Quality. Indicators in measuring the performance of Tax Apparatus (careness, discipline, responsibility, fairness, politeness) and indicators of taxpayer satisfaction (Overall Satisfaction, Expectation, Experience) and dimensions of Service Quality (physical evidence, reliability, responsiveness, assurance, empathy) using Iner and Outer models. This research uses quantitative descriptive method. The methods of data collection on this study are questionnaires, interviews and documentation. The result shows that the variable of apparatus behavior has a direct and significant effect to the variabel of service quality, the variable of apparatus behavior has positive and significant effect to variabel of taxpayer's satisfaction, and the variable of service quality has positive and significant effect to variable of taxpayer's satisfaction. Therefore, it is expected that Executive Unit of Regional Income Body in Denpasar City can maintain and improve the service regarding the Apparatus Behavior, because the variable of Apparatus Behavior has a significant effect on Taxpayer Satisfaction and Service Quality, by optimizing the trainning and supervision so that the Quality of Service will increase.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2018/193/051804583
Uncontrolled Keywords: perilaku aparat pajak, kualitas pelayanan, kepuasan wajib pajak, pendapatan daerah, tax apparatus behavior, service quality, taxpayer satisfaction, regional income.
Subjects: 300 Social sciences > 336 Public finance > 336.2 Taxes
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 14 May 2019 06:57
Last Modified: 20 Oct 2021 03:28
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/163936
[thumbnail of VALENTINA PRADNYA SARI.pdf] Text
VALENTINA PRADNYA SARI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (33MB)

Actions (login required)

View Item View Item