Strategi Komunikasi Penata Laksana Rumah Tangga (PLRT) Indonesia yang Mengalami Pengabaian Hak di Singapura

Rangkuti, Sarah Fatihana (2018) Strategi Komunikasi Penata Laksana Rumah Tangga (PLRT) Indonesia yang Mengalami Pengabaian Hak di Singapura. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Singapura menjadi tujuan umum perempuan Indonesia yang menjadi Pekerja Rumah Tangga (PRT) asing karena letak geografisnya yang berdekatan dengan Indonesia. Namun, dengan ruang kerja dan tempat tinggal yang menyatu serta tidak ada batasan yang jelas antar keduanya, hal ini meningkatkan kemungkinan akan kekerasan dan penganiayaan serta kerentanan terhadap pengabaian hak buruh. Penelitian ini bertujuan mengetahui jenis – jenis pengabaian hak yang dialami oleh PLRT selama bekerja di Singapura, dampak – dampak yang ditimbulkan serta strategi komunikasi pasca pengabaian hak yang dialami. Dengan menggunakan menggunakan konsep komunikasi interpersonal dan teori hierarki kebutuhan Maslow, penelitian ini akan menggali dan menganalisis strategi komunikasi PLRT untuk dapat menyelesaikan masalahnya dan mendapatkan kembali haknya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan melakukan wawancara mendalam pada 9 perempuan Penata Laksana Rumah Tangga (PLRT) Indonesia di Singapura. Hasil yang ditemukan adalah terdapat 7 pengabaian hak dialami yaitu hak untuk mendapatkan makanan yang memadai sesuai dengan kepercayaan PLRT, hak untuk beristirahat dan hari libur, hak atas ruang pribadi, hak untuk memeroleh kebebasan beragama dan menjalankan ibadah, hak untuk berkomunikasi dan memeroleh informasi, dan hak untuk mendapat upah sesuai dengan standar yang berlaku. Pengabaian hak tersebut menimbulkan dampak psikologis, fisik dan ekonomi. Hasil penelitian juga menunjukkan terdapat strategi pada komunikasi intrapersonal dan interpersonal PLRT yang kemudian menghasilkan solusi atas permasalahan yang mereka alami. Peneliti juga menemukan bahwa terdapat sebuah pola strategi yang terbentuk dalam upaya PLRT menyelesaikan masalahnya saat bekerja di Singapura.

English Abstract

Singapore is a common destination for Indonesian women who became Foreign Domestic Workers (FDWs), due to its geographical location which is close to Indonesia. However, with working and living spaces merged, the lack of delineation between these two may increase the possibility of abuse and mistreatment, and also the vulnerability towards the abandonment of labor rights. The aim of this research is to figure out the types of the labor rights abandonment that is experienced by FDWs, the inflicted impacts, and the communication strategy after the abandonment of rights occurred. By using interpersonal communication concept and Maslow hierarchy of needs, this research will identify and analyze FDWs’ communication strategy to solve their problems and regain their rights. The method used in this research is a descriptive qualitative method by conducting in-depth interviews with 9 Indonesian domestic workers. The result of this research shows that there 7 types or rights abandonment experienced by FDWs those are right to adequate food in accordance with their beliefs, the right to rest and holidays, the right to religious freedom, the right to have personal space, the right to communicate and obtain information, and the right to wage based on standard regulation. This abandonment of rights cause psychological, physical and economic impacts. The results show that there are strategies on intrapersonal and interpersonal communication which then produce a solution to their problems. The researcher also found that there is a pattern of strategies formed in the effort of domestic workers solving their problem in Singapore.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2018/381/051805510
Uncontrolled Keywords: TKW, Pengabaian Hak Buruh Migran, Strategi Komunikasi, Teori Kebutuhan Maslow-Domestic Workers, Migrant Worker Rights Abandonment, Communication Strategy, Maslow’s Hierarchy of Needs
Subjects: 300 Social sciences > 362 Social problems of and services to groups of people > 362.8 Other groups of people > 362.85 Working class
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 20 Aug 2019 03:31
Last Modified: 20 Aug 2019 03:31
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/163916
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item