Zulfi, Latifah Amanda (2018) Pengelolaan Personal Branding pada Selebgram (Studi Deskriptif Kualitatif pada akun Selebgram @abellyc dan @marlo). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Seiring dengan perkembangan zaman dan media digital, media sosial merupakan salah satu platform utama individu untuk memperlihatkan personal branding mereka. Dengan adanya konsep personal branding, gaya hidup individu menjadi salah satu hal yang cukup diperhatikan. Ditambah dengan perkembangan fitur dalam aplikasi media sosial yang mempermudah seorang individu untuk memperlihatkan gaya hidupnya kepada masyarakat. Adanya berbagai kemudahan mengakses, media sosial dijadikan sebuah platform bagi para individu untuk meningkatkan personal branding mereka. Disadari bahwa adanya tuntutan sosial untuk mengikuti perkembangan zaman, lahirlah istilah selebgram yang merupakan singkatan dari Selebriti Instagram. Seseorang yang mendapat julukan selebgram dinilai masyarakat memiliki personal branding yang baik, sehingga hal tersebut dapat membedakan mereka dengan individu lainnya. Namun, untuk dapat memenuhi status tersebut para selebgram juga melalui beberapa hambatan dan kesulitan selama proses, dan bagaimana cara mereka mengatasi hambatan tersebut yang juga dapat meningkatkan personal branding diri mereka. Melihat dari banyaknya pengguna Instagram di Indonesia yang terdiri baik dari pria dan wanita menimbulkan ketertarikan peneliti untuk mengetahui lebih jauh mengenai fenomena selebgram baik pria dan wanita di Indonesia. Pada penelitian ini selain peneliti tertarik untuk meneliti proses pengelolaan dari personal branding tersebut, peneliti juga ingin menganalisis apakah adanya perbedaan proses pengelolaan personal branding selebgram pria dan wanita menggunakan identity management theory dan konsep virtual identity yang menjelaskan bahwa setiap individu dianggap memiliki perbedaan cara berkomunikasi dalam setiap interaksi dan proses pembentukan identitas virtual dalam media sosial itu sendiri.
English Abstract
Along with the development of the times and digital media, social media is one of the main platforms of individuals to show their personal branding. With the concept of personal branding, individual lifestyle becomes one of the things that are noticed. Coupled with the development of features in social media applications that make it easier for an individual to show his lifestyle to the public. The existence of various ease of access, social media serve as a platform for individuals to enhance their personal branding. Recognized that the existence of social demands to follow the development of the times, born the term of the program which is the abbreviation of Celebrity Instagram. Someone who gets the nickname of the program is considered to have a good personal branding so that it can distinguish them from other individuals. However, to be able to fulfill that status the programmers also through some obstacles and difficulties during the process, and how they overcome those barriers that can also enhance their personal branding. Seeing the number of Instagram users in Indonesia which consists of both men and women cause the researcher interest to learn more about the phenomenon of both men and women in Indonesia. In this study, researchers are also interested to examine the management process of the personal branding, the researchers also want to analyze whether there is a difference in the process of personal branding management of male and female programming using identity management theory and the concept of virtual identity which explains that each individual is considered to have different ways of communicating in each interaction and the process of forming virtual identity in social media itself.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIS/2018/388/051805517 |
Uncontrolled Keywords: | Pengelolaan, Personal Branding, Instagram, Identity Management Theory, Selebgram.-Management, Personal Branding, Instagram, Identity Management Theory, Selebgram. |
Subjects: | 300 Social sciences > 338 Production > 338.04 Entrepreneurship |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Sugeng Moelyono |
Date Deposited: | 13 May 2019 01:20 |
Last Modified: | 14 Mar 2022 01:52 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/163880 |
![]() |
Text
Latifah Amanda Zulfi.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |