Ramadhan, Muhammad Lail (2018) Marketing Politik Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Menjelang Pemilu 2019. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini mengkaji tentang marketing politik partai solidaritas Indonesia (PSI) menjelang pemilu tahun 2019. Tujuan penelitian ini yaitu untuk melihat proses marketing politik yang dilakukan PSI dalam menentukan orientasi partai dan mengembangkan pendukung dan pemilih menjelang pemilu tahun 2019. Dalam membahas terkait proses marketing politik Partai Solidaritas Indonesia (PSI) menjelang pemilu 2019 ini menggunakan 2 pendekatan teori marketing politik, yaitu milik Lees-Marshment untuk melihat proses dalam menentukan orientasi partai dan milik Adman Nursal untuk melihat partai mengembangkan pendukung dan pemilih menjelang pemilu 2019. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik snowball. Dari analisa data, dapat disimpulkan bawah dalam proses marketing politik menjelang pemilu 2019, Partai Solidaritas Indonesia adalah partai dengan orientasi penjualan (SOP), hal ini didasari oleh landasan berdirinya partai serta program yang dibentuk tidak melalui proses riset pasar terlebih dahulu tetapi setelah produk politik terbentuk baru dilakukan pemetaan dan tindakan persuasi kepada calon pemilih yang dianggap sesuai. Partai Solidaritas Indonesia tidak memiliki spesifikasi dalam pemetaan dan target pemilih karena millenial tidak berbentuk homogen sehingga tidak bisa diklasifikasikan hanya 1 golongan, dalam proses penyampaian produk PSI belum mampu menyeimbangkan 3 pendekatan secara bersamaan, yaitu secara langsung, melalui media, dan tokoh atau kelompok yang berpengaruh, karena PSI masih berfokus pada penggunaan media sosial tapi belum melakukan proses turun langsung ke grassroot dan tidak banyak tokoh berpengaruh yang dimiliki PSI hari ini serta PSI tidak memiliki kedekatan dengan kelompok yang mampu menopang suara PSI dalam pemilu mendatang. Proses marketing yang dilakukan PSI menjelang pemilu 2019 terbilang masih rendah, sehingga keberadaan PSI dalam pemilu 2019 mendatang hanya untuk eksistensi saja belum bisa mendapatkan suara yang cukup signifikan.
English Abstract
This research studies the political marketing of Indonesian Solidarity Party (colloquially known in Indonesia as Partai Solidaritas Indonesia) ahead of 2019 general election in Indonesia. The primary objective of this research in particular is to observe the process of political marketing of the party and its role in determining party orientation as well as in developing its constituency ahead of 2019 general election. This research employs two theoretical approaches, namely Lees-Marshment’s approach to study the process the party undergoes to determine party orientation and that of Adman Nursal to identify party’s way of developing its constituency ahead of general election. The research method employed is qualitative-descriptive which specifically emphasizes upon the snowball sampling. The data analysis concludes that Indonesian Solidarity Party, in carrying out its political marketing, is a market-oriented party. The conclusion is grounded in the party’s platform and the promotion thereof which do not comprehensively address and map out market demand as the identification and persuasion of market interests and demands are carried out after the formulation of party programs. Indonesian Solidarity Party also does not sharply outline its specification of potential constituents, because millenials, a group of people which the party seeks to attract, are not homogenous in a sense the group do not comprise one identity only but rather multiple and heterogenous. The party also do not manage to strike a balance between three approaches it draws upon to attract constituents, namely direct and digital campaign through social media and lastly, appeal to influential political figures and elites, because the party has yet to be politically backed by notable elites and directly identify grass-root interests. Thus, this research argues Indonesian Solidarity Party’s participation in the upcoming general election will not substantially change the political landscape as its current interest is solely seeking political existence affirmation.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIS/2018/386/051805515 |
Uncontrolled Keywords: | Marketing Politik, Partai Solidaritas Indonesia, Pemilu 2019.-Political Marketing, Indonesian Solidarity Party, 2019 General Election |
Subjects: | 300 Social sciences > 324 The political process > 324.2 Political parties |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik |
Depositing User: | soegeng sugeng |
Date Deposited: | 13 Feb 2019 04:14 |
Last Modified: | 14 Mar 2022 01:48 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/163875 |
Text
Muhammad Lail Ramadhan.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Actions (login required)
View Item |