Hati, Arum Juwita (2018) Pengembangan Kapasitas Pengasuhan Pada Keluarga Dengan Anak Berisiko Oleh Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak Harapan Ummat Di Kelurahan Lowokwaru. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Keluarga memiliki peran penting dalam kehidupan masyarakat, berkaitan dengan fungsi keluarga dalam generasi penerus masyarakat yang berkualitas. Namun permasalahan yang ada dalam masyarakat seperti kemiskinan, pendidikan rendah, dan permasalahan sosial lainnya berdampak pada lahirnya risiko pada anak. Resiko tersebut seperti anak berisiko tidak dapat mengakses pendidikan, anak berisiko mengalami keterpisahan, penelantaran serta hak dasar lain anak yang tidak terpenuhi. Oleh sebab itu LKSA HARUM sebagai lembaga kesejahteraan sosial yang fokus pada kepentingan terbaik anak melakukan pemberdayaan keluarga dengan program pengembangan kapasitas pengasuhan keluarga, bentuknya adalah mendirikan sanggar anak dan sanggar bunda. Sanggar anak untuk memfasilitasi pembelajaran dan life skill anak sedangkan sanggar bunda ditujukan pada pengembangan kapasitas keluarga agar dapat menjalankan pola pengasuhan yang kondusif dan mampu mendampingi anak ketika di rumah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Dalam melakukan pemilihan informan, peneliti menggunakan teknik purposive. Sedangkan data dari penelitian ini diperoleh dari hasil pengamatan, wawancara dan dokumentasi. Untuk melakukan pendiskripsian dalam penelitian ini, peneliti menggunakan definisi konseptual dari keluarga, anak berisiko, pengasuhan dan Pengembangan kapasitas untuk melihat masalah-maslah yang menjadi latarbelakang dilakukannya pemberdayaan serta melihat tahapantahapan dari kegiatan pemberdayaan yang dilakukan oleh LKSA HARUM. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa, pertama keluarga wilayah dampingan di Lowokwaru mengalami permasalahan yang berdampak pada fungsi keluarga tidak dapat berjalan secara maksimal, kedua permasalahan yang mengakar di dalam masyarakat menjadi faktor awal mula permasalahan dalam keluarga sehingga muncullah permasalahan anak (anak berisiko), ketiga tahapan yang dilakukan oleh LKSA HARUM untuk melakukan pengembangan kapasitas pengasuhan keluarga anatara lain: tahap seleksi lokasi, tahap sosialisasi kegiatan, tahap penyadaran, dan tahap pelaksanaan kegiatan. Keempat tahap tersebut berkaitan dengan empat pokok tujuan pemberdayaan yakni bina manusia, bina uaha, bina lingkungan dan bina kelembagaan.
English Abstract
Family has an important role in community life, related to family function in the next generation of quality community. But the problems that exist in society such as poverty, low education, and other social problems can raise the risk in children. The risks are children can not access education, children at risk of separation, neglection and other basic rights of children who are not fulfilled. Therefore LKSA HARUM as a social welfare institution that focuses on the best interests of children empower families with family care nurture development programs, the form is to establish a children's studio and mother’s studio. Children's studio is purposed to facilitate learning and life skills of children, and mother’s studio is aimed at the development of family capacity in order to run a conducive parenting pattern and able to assist children when at home. This research uses qualitative research method with descriptive approach. In choosing informants, the researcher uses purposive technique. The data from this study obtained from the observation, interview and documentation. To do the description in this research, researcher uses conceptual definition from family, child at risk, nurturing and capacity building to see the problems that become the background of empowerment and to see the stages of empowerment activities conducted by LKSA HARUM. The result of this research shows that first family of assisted area in Lowokwaru experiencing problems that have an effect on family function can not run maximally, both deep rooted problems in society become the beginning factor of problem in family so that there is problem of child (child at risk), third step which is carried out by LKSA HARUM to undertake the development of family caring capacity among others: the stage of site selection, the stage of activity socialization, the awareness stage, and the implementation stage of the activity. The four stages are related to the four principal purposes of empowerment that is human development, bina uaha, environment building and institutional development.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIS/2018/878/051811312 |
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan Kapasitas, Keluarga, Anak Berisiko-Capacity Building, Family, Children at Risk |
Subjects: | 300 Social sciences > 371 Schools and their activities; special education > 371.9 Special education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi |
Depositing User: | soegeng Moelyono |
Date Deposited: | 19 Jun 2019 01:47 |
Last Modified: | 14 Mar 2022 01:26 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/163818 |
Text
Arum Juwita Hati.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Actions (login required)
View Item |