Analisa Teori Encroachment Terhadap Tahapan dan Peran Praktisi Public Relations dalam Menjalankan Program Corporate Social Responsibility (Studi Pada Praktisi Public Relations Encroachment Authority di PT.Vale Indonesia Tbk)

Haritzha, Kabiir Hafis Wirza (2018) Analisa Teori Encroachment Terhadap Tahapan dan Peran Praktisi Public Relations dalam Menjalankan Program Corporate Social Responsibility (Studi Pada Praktisi Public Relations Encroachment Authority di PT.Vale Indonesia Tbk). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada penerapannya Teori Encroachment dalam Public Relations menggambarkan keadaan dimana kinerja seorang praktisi yang Encroachment tidak akan berjalan dengan baik karena tidak memiliki, dasar dan pengetahuan mengenai Ilmu Komunikasi/Public Relations, namun pada kenyataanya di PT.Vale Indonesia Tbk, yang merupakan perusahaan tambang nikel terbesar di indonesia, sekaligus penyumbang 5% dari total pasokan nikel dunia, menunjukan hal yang sebaliknya. Pencapaian Dapartment External Relations & Corporate Affair terutama dalam bidang Corporate social responsibility untuk memenuhi tanggung jawab sosial sangatlah baik, pencapaian ini terbukti dengan penghargaan dan sertifikasi yang telah mereka raih dari tahun 2011-2017, meskipun secara keseluruhan praktisi mereka tidak memiliki latar belakang pendidikan Ilmu Komunikasi/Public Relations. Maka penelitian ini bertujuan untuk menganalisi Teori Encroachment terhadap tahapan dan peran praktisi Public Relations di PT.Vale Indonesia dalam menjalankan program CSR. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Public Relations di PT. Vale Indonesia Tbk. Menggunakan bantuan konsultan CSR di beberapa tahapan, namun perusahaan tetap berupaya untuk melibatkan pemerintah, terutama masyarakat daerah terdampak untuk terlibat dalam proses pemilihan konsultan CSR, hal ini sekaligus dapat membangun citra perusahaan dalam maindset masyarakat dan pemerintah. Dapartment External Relations & Corporate Affair juga berhasil menjalankan perannya secara maksimal yang ditopang dengan pengalaman, kemampuan manajerial, Leadership, serta integritas yang dimiliki. Selain itu praktisi Public Relations di PT.Vale Indonesia Tbk, merencanakan, dan menjalankan setiap detail kegiatan tahapan-tahapan perencanaan dengan sangat baik, terutama dalam proses pelaksanaanya, mereka berusahaan melibatkan partisipasi masyarakat untuk meningkatkan presentase keberhasilan suatu program sekaligus untuk mencapai tujuan perusahaan yang menginginkan masyarakat mandiri (program Sustainbility).

English Abstract

Encroachment on its application in Public Relations Theory describes the circumstances in which the performance of a practitioner who Encroachment will not run properly because it does not have, and basic knowledge of Science Communication / Public Relations, but in fact in PT.Vale Indonesia Tbk, which is the largest nickel mining company in Indonesia, as well as contributing 5% of total world nickel supply, indicates otherwise. Achievement dapartment External Relations & Corporate Affairs, especially in the field of corporate social responsibility to fulfill the social responsibility is good, this achievement as evidenced by awards and certifications they have achieved from the years 2011-2017, although overall their practitioners do not have the educational background of Communication Sciences / Public Relations. The study aims to analyze the theory of Encroachment on the stages and the role of Public Relations practitioners in PT.Vale Indonesia in carrying out CSR programs. Data were collected through interviews. The results of this study indicate that the Public Relations PT. Vale Indonesia Tbk. Using the help of CSR consultants in several stages, but the company still seeks to engage the government, especially the affected areas to engage in CSR consultant selection process, it also can establish a corporate image in the community and government maindset. Dapartment External Relations & Corporate Affairs also able to perform its role to the maximum supported by the experience, managerial ability, Leadership, as well as the integrity of the owned. Besides practitioners Public Relations PT.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2018/675/051808665
Uncontrolled Keywords: Corporate social responsibility, Public Relations, dan Company Corporate social responsibility, Public Relations, dan Company.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 659 Advertising and public relations > 659.2 Public relations
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 11 Jul 2019 07:38
Last Modified: 11 Mar 2022 08:38
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/163805
[thumbnail of Kabiir Hafis Wirza Haritzha.pdf] Text
Kabiir Hafis Wirza Haritzha.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item