Strategi Penanganan Hambatan Komunikasi Dalam Komunikasi Pemasaran Business-To-Business (B2b) Antar Budaya (Studi Kualitatif Deskriptif Pada Pt. Grafitecindo Ciptaprima)

Iswari, Andini (2018) Strategi Penanganan Hambatan Komunikasi Dalam Komunikasi Pemasaran Business-To-Business (B2b) Antar Budaya (Studi Kualitatif Deskriptif Pada Pt. Grafitecindo Ciptaprima). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

PT. Grafitecindo Ciptaprima ialah perusahaan bergerak di bidang print and packaging yang melakukan komunikasi pemasaran business-to-business (B2B) dengan client dari negara asing. Dalam prosesnya, kegiatan komunikasi pemasaran B2B dengan client asing terdapat hal-hal yang dapat menghambat keberhasilan komunikasi pemasaran yang dilakukan. Untuk itu, tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui apa hambatan komunikasi yang dihadapi PT. Grafitecindo Ciptaprima dalam proses komunikasi pemasaran (B2B) dengan client asing dengan latar belakang yang berbeda. Selain itu penelitian ini juga melihat bagaimana upaya yang dilakukan PT. Grafitecindo Ciptaprima dalam mengatasi hambatan-hambatan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan tujuan untuk mendapatkan penjabaran yang detail dan mendalam terkati tujuan penelitian. Perbedaan budaya antara PT. Grafitecindo Ciptaprima dengan client-nya kemudian dijelaskan dengan menggunakan dimensi budaya Hofstede sebagai pisau penelitian untuk menjabarkan budaya kedua pihak yang telibat komunkasi pemasaran B2B antar budaya tersebut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hambatan terbesar dirasakan PT. Grafitecindo Ciptaprima berasal dari terbatasnya pengguaan media. Hal ini disebabkan oleh jarak fisik yang jauh sehingga menyebabkan komunikasi secara tatap muka menjadi sesuatu yang sulit untuk sering dilakukan sehingga pemanfaatan media yang tepat menjadi sangat penting. Oleh karena itu e-mail dipilih sebagai media utama yang dimanfaatkan PT. Grafitecindo Ciptaprima dalam komunikasi pemasaran B2B antar budaya yang dilakukannya. Media e-mail sendiri kemudian memiliki kekurangan-kekurangan yang berpotensi menghambat komunikasi pemasaran B2B. Dalam mengatasinya tim pemasar mengungkapkan tak hanya pentingnya kemampuan berbahasa inggris yang baik namun juga pengetahuan mengenai budaya client sehingga mengurangi kemungkinan terjadinya kesalahpahaman dalam proses komunikasi pemasaran B2B antar budaya.

English Abstract

PT. Grafitecinco Ciptaprima is a company that work in the print and packaging industry which means they practice the Business-to-Business marketing communication. In the process of doing B2B marketing communication with client from another country, there are things that could potentially could hamper the success of the marketing communication process. Therefore, the purpose of this research is to know what communication barrier faced by PT. Grafitecindo Ciptaprima in B2B marketing communication process with foreign client with different background. Besides this research also see strategic effort by PT. Grafitecindo Ciptaprima in overcoming these barrier. This research uses descriptive qualitative research method with the aim to get a detailed and in depth description of the barriers experienced by the marketing team of PT. Grafitecindo Ciptaprima in B2B marketing communication with buyers from abroad and how they can overcome these barriers. Cultural differences between PT. Grafitecindo Ciptaprima with its client is then explained by using Hofstede cultural dimension as tools to describe the culture of both parties which are involved in the intercultural B2B marketing communications. The results of this study indicate that the biggest barrier perceived PT. Grafitecindo Ciptaprima comes from the limited use of media. This is due to the great physical distance that causes face-to-face communication to be something that is often difficult to do so the proper use of media becomes very important. Therefore e-mail is chosen as the main media used by PT. Grafitecindo Ciptaprima in the intercultural B2B marketing communication that it does. E-mail as media itself then has shortcomings that potentially hinder B2B marketing communications. In overcoming the barriers, the marketer team revealed not only the importance of good english skills is needed but also knowledge of the client culture thus reducing the possibility of misunderstanding in the communication process of intercultural B2B marketing.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2018/740/051809823
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Pemasaran, Business-to-Business (B2B), Hambatan Komunikasi, Komunikasi Antar Budaya, Strategi Penganganan Hambatan Komunikasi Marketing Communications, Business-to-Business (B2B), Communiation Barrier, Intercultural Communication, Communication Barrier Handling Strategy
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.802 General topics of marketing management
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 15 Aug 2019 07:07
Last Modified: 22 Oct 2021 04:30
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/163779
[thumbnail of Andini Iswari.pdf]
Preview
Text
Andini Iswari.pdf

Download (6MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item