Pengaruh Strategi Personal Selling Melalui Gerakan Sadar Subsidi Dalam Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen Produk Bright Gas Bali & NTB

Saragita, Ravisha Putri (2018) Pengaruh Strategi Personal Selling Melalui Gerakan Sadar Subsidi Dalam Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen Produk Bright Gas Bali & NTB. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Komunikasi pemasaran merupakan sebuah sarana yang digunakan perusahaan untuk mencapai tujuan perusahaan. Salah satu strategi pemasaran yang dapat digunakan ialah strategi promosi, personal selling sendiri merupakan suatu tipe promosi yang dianggap efektif dalam mempengaruhi penjualan dikarenakan dapat berinteraksi langsung antara penjual dengan calon konsumennya. Penerapan strategi personal selling juga turut digunakan oleh marketing branch office Pertamina Bali & NTB dalam mempromosikan produknya yaitu bright gas melalui program sosialiasi gerakan sadar subsidi, namun belum memperoleh hasil yang maksimal. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi personal selling melalui gerakan sadar subsidi dalam mempengaruhi keputusan pembelian konsumen pada produk bright gas Bali & NTB. Penelitian kuantitatif ini berjenis eksplanatif dengan menggunakan metode survei serta menggunakan teknik pengumpulan data berupa kuesioner, wawancara serta dokumentasi. Sampel penelitian ini berjumlah 90 responden dengan karakteristik responden yaitu masyarakat Denpasar yang pernah mengikuti kegiatan sosialisasi gerakan sadar subsidi. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada strategi personal selling melalui gerakan sadar subsidi dalam mempengaruhi keputusan pembelian produk bright gas Bali & NTB. Penelitian ini dapat digunakan sebagai acuan bagi perusahaan yang ingin menggunakan strategi personal selling sebagai salah satu strategi pemasaran untuk mempengaruhi keputusan pembelian.

English Abstract

Marketing communication is a tool used by companies to achieve their goals. One of the marketing strategies that is available to choose is promotion strategy. Personal selling is a promotion type that considered effective in influencing purchase decision because of the interactivity between seller and consumer. The utilization of this strategy is also visible in marketing branch office of Pertamina Bali & NTB in promoting bright gas product through a program dubbed “Gerakan Sadar Subsidi”. However, the program has not reached the expected results. Therefore, this research is aimed to know the influence of personal selling strategy through “Gerakan Sadar Subsidi” on purchase decision of Bright Gas Product Bali & NTB. This quantitative-explanatory research was conducted with survey as a research method. The data was collected through questionnaires, interviews, and documentations. There are 90 respondents as samples who are citizens of Denpasar City and have already participated in “Gerakan Sadar Subsidi” program. Based on the results, there is a significant influence on personal selling through “Gerakan Sadar Subsidi” on purchase decision of bright gas product Bali & NTB. This research could be considered as a reference for companies that used personal selling as a marketing strategy to influence purchase decision.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2018/1099/051901251
Uncontrolled Keywords: Personal selling, keputusan pembelian, bright gas.-Personal selling, purchase decisions, bright gas.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.85 Personal selling
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 09 Sep 2019 07:39
Last Modified: 09 Sep 2019 07:39
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/163751
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item