Pendidikan Politik Kader Partai Di Indonesia (Studi Kasus Pendidikan Kader Pratama Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Kota Surabaya)

Fitriyah, Desy Nur (2018) Pendidikan Politik Kader Partai Di Indonesia (Studi Kasus Pendidikan Kader Pratama Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Kota Surabaya). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pendidikan dalam hal politik sangatlah diperlukan untuk memberikan wawasan lebih dalam mengenai politik dan partai politik khususnya bagi kaderkader muda partai yang nantinya akan masuk di dalam partai tersebut. Pendidikan kader ini sangatlah penting agar para kader-kader muda tersebut bisa berfikir kreatif dan inovatif dalam berkarya dalam mewujudkan hal baik yang diinginkan oleh partai tersebut. Salah satu partai politik di Indonesia yang saat ini telah melaksanakan kegiatan kaderisasi adalah partai PDIP. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, penelitian ini dilakukan melalui observasi, wawancara, serta dokumentasi. dengan fokus penelitian pada materi dan metode pendidikan politik kader partai serta faktor pendukung dan penghambat adanya pelaksaan proses kaderisasi partai. Hasil penelitian mengenai kader ini mendapatkan penemuan baru bahwa di dalam PDIP terdapat 3 tingkatan kader yaitu kader pratama, kader madya dan kader utama (nasional). Materi dan metode pendidikan politik yang diberikan ada berbagai macam yaitu mengenai pancasila dan selanjutnya langsung diwajibkan untuk turun ke masyarakat guna menjalankan materi yang sudah diberikan pada saat kaderisasi itu berlangsung.

English Abstract

Party training is highly necessary to provide a deepening insight about politic and political party especially for party’s young cadres will enter the party later on. Therefore, cadre education really necessary to provide young cadres mindset so they can think creatively and innovatively in creating good things desired by the party. One of Indonesian political party who carried out caders activities at the current state is PDIP. This research uses qualitative method, conducted through observation, interview, and also documentation. This research focuses on the materials and the method of party’s cadre political education, also supporting and inhibit factors of party’s regeneration process. This research discovered that the PDIP has three levels of cadre which are primary cadre, middle cadre and main cadre (national level). There are various kinds of materials and method of political education that given to the caders, wich are subject regarding Pancasila and then goes straight to the society to operate the materials during the regeneration process.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2018/1049/051901027
Uncontrolled Keywords: pendidikan politik, kaderisasi, partai di Indonesia party training, regeneration, Party in Indonesia
Subjects: 300 Social sciences > 320 Political science (Politics and government) > 320.071 Political science (Education)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 13 Feb 2019 03:33
Last Modified: 25 Oct 2021 03:37
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/163724
[thumbnail of Desy Nur Fitriyah.pdf]
Preview
Text
Desy Nur Fitriyah.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item