Determinan Persepsi Etika Atas Penghindaran Dan Penggelapan Pajak (Studi Pada Wajib Pajak Badan Hotel Yang Terdaftar Sebagai Anggota Phri Kota Malang Jawa Timur)

Sumarsono, Aryo (2018) Determinan Persepsi Etika Atas Penghindaran Dan Penggelapan Pajak (Studi Pada Wajib Pajak Badan Hotel Yang Terdaftar Sebagai Anggota Phri Kota Malang Jawa Timur). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui determinan persepsi wajib pajak mengenai etika atas penghindaran dan penggelapan pajak. Penelitian ini dilakukan pada wajib pajak badan hotel yang terdaftar sebagai anggota Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kota Malang. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh langsung dengan cara menyebarkan kuesioner kepada 54 wajib pajak badan hotel yang terdaftar sebagai anggota PHRI Kota Malang. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian adalah menggunakan metode sampling jenuh atau metode sensus. Pengujian hipotesis dilakukan dengan metode statistik dengan bantuan program Stastical Package for the Social Sciens (SPSS). Hasil dari penelitian ini adalah keadilan, diskriminasi, dan pengetahuan pajak berpengaruh secara signifikan terhadap persepsi etika atas penghindaran dan penggelapan pajak. Sistem perpajakan dan Machiavellianism tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap persepsi etika atas penghndaran dan penggelapan pajak

English Abstract

The objective of this study is to identify determinants of taxpayers regarding ethics in tax avoidance and evasion. This study was conducted in hotel taxpayers listed as the member of PHRI (Indonesian Hotel and Restaurant Association) in Malang. This study uses primary data obtained from questionnaires distributed to 54 association members, selected using saturated sampling, or census, method. The hypothesis was assessed using statistical method in Statistical Package for the Social Science (SPSS). The results show that fairness, discrimination, and tax knowledge influence ethical perception toward tax avoidance and evasion. However, tax system and Machiavellianism do not influence the perception.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2018/622/051811244
Uncontrolled Keywords: Keadilan, sistem perpajakan, diskriminasi, Machiavellianism, pengetahuan pajak, persepsi etika, penghindaran pajak, penggelapan pajak, fairness, tax system, discrimination, Machiavellianism, tax knowledge, ethical perception, tax avoidance, tax evasion
Subjects: 300 Social sciences > 336 Public finance > 336.2 Taxes
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 06 May 2019 06:22
Last Modified: 20 Oct 2021 08:12
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/163677
[thumbnail of Aryo Sumarsono.pdf]
Preview
Text
Aryo Sumarsono.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item