Putranto, Abiyyu Hanif (2018) Motivasi Dan Strategi Konversi Ke Syariah Bank Pembangunan Daerah (Studi Kasus Bpd Ntb). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Menurut data, bank syariah memiliki target market share 5% pada tahun 2008 namun naasnya target ini baru dipenuhi pada tahun 2016 lalu. Kesadaran masyarakat Indonesia akan Lembaga keuangan syariah dan produk – produknya juga ambil andil dalam rendahnya market share Bank Syariah dibanding Bank konvensional, hasil Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) tahun 2016 yang di selenggarakan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), hasil dari survei tersebut menyatakan bahwa tingkat inklusi keuangan syariah hanya sebesar 8,11 % sedangkan tingkat inklusi keuangan secara keseluruhan adalah 67,82 %. Dengan banyaknya permasalahan yang dimiliki oleh perbankan syariah di Indonesia mengapa Bank NTB sebagai BPD Provinsi NTB tetap berniat untuk melangsungkan proses konversi yang dinilai sebagai proses perubahan yang terlalu cepat. Penelitian ini akan meneliti bagaimana strategi dari Bank NTB dalam konversinya dari bank konvensional menjadi syariah sehingga penelitian ini bisa membantu BPD – BPD lainnya yang juga ingin melakukan konversi menuju syariah, selain itu juga ingin mengetahui apa yang menjadi motivasi BPD NTB menjalankan proses konversi ini. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif karena peneliti fokus pada objek yang sempit, dengan pendekatan symbolic interactionalism karena peneliti ingin melihat bagaimana pandangan perihal proses dan strategi dr tiap informan nantinya, data dikumpulkan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi, teknik analisis data menggunakan teknik miles dan huberman yang terdiri dari data collection, reduction, display, dan drawing/verifying conclusion (mengumpulkan menyaring, menyajikan, dan mengumpulkan), untuk menguji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, teknik, dan waktuDalam peneitian ini ditemukan bahwa yang memotivasi BPD NTB melakukan proses konversi adalah kepemimpinan dari Gubernur NTB yang merupakan seorang change agent dan transformational leadership, Halal Tourism, dan adanya kewajiban mengubah UUS menjadi BUS di dalam UU No, 21 Tahun 2008. Strategi yang telah dilakukan oleh BPD NTB adalah melakukan training, OJT, dan rekrutmen tenaga ahli. Bekerja sama dengan konsultan yang ahli dibidangnya. Melakukan sosialisasi dengan seluruh stakeholder BPD NTB
English Abstract
According to the data, Islamic banks have a target market share 5% in 2008, but this target is not fulfilled until 2016. Indonesian public awareness of Sharia financial institutions and their products also contributes to the low market share of Islamic Banks compared to conventional banks, the result of the 2016 Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) held by the Otoritas Jasa Keuangan (OJK), the results of the survey it states that the level of inclusion of Islamic finance is only 8.11% while the overall level of financial inclusion is 67.82%. With the many problems that sharia banks have in Indonesia why Bank NTB as the BPD in NTB Province intends to continue the conversion process that is considered as a process of change that is too fast. This research will examine how the strategy of Bank NTB in its conversion from conventional bank to syariah so that this research can help other BPD that want to convert to sharia, this reasearch also want to know what motivation BPD NTB run this conversion process. This research is a qualitative research because the researcher focus on narrow object, with symbolic interactionalism approach t to see how the view of the process and strategy of each informant, the data collected by interview, observation, and documentation, data analysis technique using the technique of miles and huberman consisting of data collection, reduction, display, and drawing / verifying conclusion, to test the validity of data researcher using source triangulation, technique, and time. In this study it was found that motivating BPD NTB to process the conversion is the leadership of the Governor of NTB which is a change agent and transformational leadership, Halal Tourism, and the obligation to change the UUS into BUS in Law No. 21 of 2008. The strategy has been done by BPD NTB is to train, OJT, and recruitment of experts. Working closely with expert consultants in their field. Conducting socialization with all stakeholders of BPD NTB
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FE/2018/273/051805544 |
Uncontrolled Keywords: | Bank Syariah, Konversi Bank, Perubahan sistem ke syariah, kualitatif, Sharia Bank, Bank Conversion, System Change to Sharia, Qualitative |
Subjects: | 300 Social sciences > 332 Financial economics > 332.1 Banks |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi |
Depositing User: | Nur Cholis |
Date Deposited: | 06 May 2019 03:55 |
Last Modified: | 20 Oct 2021 04:24 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/163672 |
Text
ABIYYU HANIF PUTRANTO.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Actions (login required)
View Item |