Atsauri, M. Sufian (2018) Representasi Nilai Islam dalam Serial Animasi Indonesia (Studi Semiotik pada Serial Animasi Adit & Sopo Jarwo). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Dewasa ini media berkembang semakin pesat, hingga mengakibatkan ketergantungan yang cukup besar bagi kehidupan masyarakat. Media massa yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia adalah televisi. Televisi merupakan media massa yang paling banyak memproduksi budaya pop. Budaya pop yang diproduksi televisi dapat membentuk realitas kultural sehingga menggeser nilai-nilai yang sudah ada di masyarakat. Nilai-nilai Islam sebagai agama dominan di masyarakat Indonesia mulai tergeser dengan nilai-nilai yang dibawa oleh Televisi. Serial animasi Adit & Sopo Jarwo mencoba memunculkan kembali nilai-nilai Islam di televisi khususnya nilai-nilai interaksi antar anggota masyarakat. Penelitian ini mencoba melihat bagaimana nilai-nilai Islam direpresentasikan melalui episode-episode yang ditayangkan di televisi. Penelitian ini berjenis penelitian kualitatif dengan paradigma interpretif. Metode analisis yang digunakan adalah semiotika John Fiske yang memiliki tiga level analisis yaitu level realitas, level representasi dan level ideologi. Data penelitian diambil dari dokumentasi 10 episode animasi Adit & Sopo Jarwo yang tayang di TransTV. Hasil penelitian ini menunjukkan representasi nilai Islam dilakukan melalui tokoh yaitu Pak Haji dan Ucup, melalui adegan yaitu oleh Pak Haji yang siap menolong dan melalui ucapan yang ditunjukkan dengan kata-kata yang berkaitan dengan Islam seperti alhamdulillah untuk mengungkapkan rasa syukur, assalamualaikum untuk memberi salam. Selain itu terdapat dialog yang memberikan nasehat dilakukan oleh Pak Haji dan Ucup. Penelitian ini juga menunjukkan Adit & Sopo Jarwo dapat berperan dalam komponen ideologi Islam yaitu Thariqah karena Adit & Sopo Jarwo memperlihatkan tata cara menjalankan nilai-nilai Islam dalam interaksi antar anggota masyarakat.
English Abstract
Nowadays the media is growing rapidly, resulting in considerable dependence on people's lives. The most widely used mass media by Indonesian people is television. Television is the mass media that produces the most pop culture. The pop culture produced by television can form a cultural reality that shifts the values that already exist in society. Islamic values as the dominant religion in Indonesian society began to be displaced by the values brought by television. The animation series, Adit & Sopo Jarwo tries to bring back the Islamic values on television, especially the values of interaction between the community members. This research tried to see how Islamic values were represented through episodes aired on television. This research was a type of qualitative research with an interpretive paradigm. The analytical method used was semiotics John Fiske which has three levels of analysis, namely the level of reality, the level of representation and the level of ideology. The research data were taken from the documentation of 10 episodes of Adit & Sopo Jarwo animation which aired on TransTV. The results of this research indicated that the representation of Islamic values was carried out through figures namely Pak Haji and Ucup, through scenes in which Pak Haji who is ready to help and through speech indicated by words related to Islam such as alhamdulillah for expressing gratitude and assalamualaikum for greeting. In addition, there was a dialogue that provided advice expressed by Pak Haji and Ucup. This research also showed that Adit & Sopo Jarwo could play a role in the components of Islamic ideology, namely Tariqah because Adit & Sopo Jarwo showed the procedure for carrying out Islamic values in the interaction between members of society.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIS/2018/995/051900143 |
Uncontrolled Keywords: | Representasi, Semiotika, John Fiske, Nilai Islam, Animasi, Ideologi, Televisi, Budaya Pop-Representation, Semiotic, John Fiske, Islamic Value, Animation, Ideology, Television, Pop Culture. |
Subjects: | 300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Communication |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Sugeng Moelyono |
Date Deposited: | 09 Sep 2019 02:02 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 02:02 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/163653 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |