Komunikasi Populis Presiden Joko Widodo di Media Sosial (Analisis Isi Kualitatif Komunikasi Populis Presiden Joko Widodo pada Akun Twitter Resmi @Jokowi)

Aini, Renny Fitria Nur (2018) Komunikasi Populis Presiden Joko Widodo di Media Sosial (Analisis Isi Kualitatif Komunikasi Populis Presiden Joko Widodo pada Akun Twitter Resmi @Jokowi). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk komunikasi populis Presiden Jokowi sebagai salah satu figur politik populis sekaligus pemimpin negara pada akun Twitter resmi @Jokowi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan konsep komunikasi populis Engesser sebagai basis analisis. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan dokumentasi. Hasil data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis isi directed content analysis. Hasil dari penelitian ini adalah bentuk komunikasi populis Presiden Jokowi sesuai dengan lima konsep dasar komunikasi populis yang dikemukakan oleh Engesser, yaitu menempatkan kepentingan rakyat sebagai prioritas utama, mengadvokasi rakyat, menyerang kelompok elit, mengucilkan kelompok lain, dan memohon pada pusat (invoking the heartland). Komunikasi populis Presiden Jokowi melalui media sosial Twitter didominasi dengan sosialisasi dan rasionalisasi program serta kebijakan pemerintah. Selain itu melalui media sosial, Presiden Jokowi juga dapat menanggapi isu atau sentimen negatif yang diarahkan kepadanya secara langsung tanpa harus menunggu konferensi pers dari media massa. Komunikasi populis Presiden Jokowi mengadopsi tradisi retorika sebagai teknik persuasi untuk menyampaikan ide, program, dan kebijakannya kepada rakyat melalui media sosial. Kesimpulan terakhir adalah cuitan terbanyak dalam Twitter Presiden Jokowi menunjukkan interaksi yang ia lakukan dengan berbagai golongan masyarakat, baik dari golongan pejabat pemerintah, pemimpin negara lain, maupun masyarakat dari berbagai profesi. Hal ini sesuai dengan citra yang selama ini dimiliki Presiden Jokowi sebagai pemimpin yang dekat dengan rakyat.

English Abstract

This research aims to find out the populist communication form of President Jokowi as one of populist political figure including the country leader in his official Twitter account @Jokowi. This research applied descriptive qualitative approach using the concept of populist communication from Engesser as the basic of analysis. To obtain the data, the method used in this research was observation and documentation. Then, the result of the collected data were analyzed with the directed content analysis from the technique of content analysis. The result of this research is found that the populist communication form of President Jokowi follows five concepts of populist communication basics proposed by Engesser, which are emphasizing the interest of the citizen as a top priority, advocating the citizen, attacking the elite, ostracizing others and invoking the heartland. President Jokowi’s Populist communication in social media Twitter is dominated with the socialization as well as rationalization towards government programs and policy. In addition, President Jokowi can also respond upon the negative issue and sentiment directed to him immediately through his social media without having to wait for press conference with mass media. The populist communication of President Jokowi adopts rhetoric tradition as persuasive technique in order to deliver his idea, program and policy to his citizen through his social media. At last, it can be concluded that most of President Jokowi’s tweets in Twitter show the interaction he has done with various groups of citizen, from government officials, other country leaders and citizen from different profession. This is quite relevant with the image of President Jokowi all the time as a leader who close with his citizen.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2018/500/051806821
Uncontrolled Keywords: populisme, komunikasi politik, komunikasi populis, media sosial, analisis isi.-populism, political communication, populist communication, social media, content analysis.
Subjects: 300 Social sciences > 320 Political science (Politics and government) > 320.014 Communication
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 19 Aug 2019 03:06
Last Modified: 10 Dec 2024 00:22
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/163632
[thumbnail of Renny Fitria Nur Aini.pdf] Text
Renny Fitria Nur Aini.pdf

Download (6MB)

Actions (login required)

View Item View Item