Propaganda Film Amerika: Parodi Karakter Kim Jong Un (Analisis Semiotika dalam Film The Interview)

Nalendra, Yoga Radyan (2018) Propaganda Film Amerika: Parodi Karakter Kim Jong Un (Analisis Semiotika dalam Film The Interview). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Media massa memiliki pengaruh yang begitu kuat pada kehidupan sekarang. Salah satu bagian dari media massa adalah film. Film merupakan media alternatif untuk menyampaikan nilai-nilai kepada khalayak, terlepas pesan yang disampaikan berdampak positif dan negatif. Film telah dikembangkan dengan banyak genre seperti action, komedi, horor, dan lain-lain. Film parodi juga termasuk dalam genre humor/komedi. Namun, film memberikan dampak masif bagi khalayak seringkali digunakan sebagai alat untuk menyebarkan paham dan nilai tertentu secara tersirat dan munculah istilah Amerikanisasi yang dikenal juga sebutan dari propaganda. Penelitian ini dilakukan pada film yang diproduksi oleh Sony Pictures yakni The Interview. Film The Interview dipilih karena mengandung unsur propaganda maupun parodi karakter seorang Presiden Kim Jong Un. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode analisis semiotika. Analisis semiotika yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan semiotika Charles Sanders Pierce. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pemaknaan propaganda lewat parodi karakter yang pada 14 adegan utama dengan 28 scene adegan di dalamnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat unsur propaganda lewat parodi karakter. Sajian propaganda terbungkus parodi karakter karena kemunculannya yang secara bersamaan di setiap adegan, penguatan parodi karakter ditunjang tepatnya penokohan film, dan pentingnya ekspresi wajah dalam adegan parodi.

English Abstract

Mass media has a big effect on our lives nowadays, and it is safe to say that films are a part of mass media. Film is an alternative media to convey values to the audience, regardless of the message conveyed positive and negative impacts. Film has been developed with many genre’s such as action, comedy, horror, and many more. Parody movies are also included in the humor/comedy genre. However, the film provides a massive impact for the audience is often used a tool to spread understanding and implied a certain value and comes the term Americanization, also known as the designation of propaganda. The research was carried out on films produced by Sony Pictures namely The Interview. The Interview film was chosen because it contains elements of propaganda and character parody of a President Kim Jong Un. This research is a qualitative research using semiotic analysis method. Semiotic analysis used in this study using semiotics Charles Sanders Pierce. This study aims to know and analyze the meaning of propaganda through the character parody of the 14 main scenes with 28 scene scenes in it. The results showed that there is an element of propaganda through parody character. The propaganda presentation is wrapped in a character parody because of its simultaneous appearance in every scene, the strengthening of the character parody of the movie characterized precisely, and the importance of facial expression in the parody scene.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2018/537/051806945
Uncontrolled Keywords: film, propaganda, parodi karakter, dan semiotika. movies, propaganda, parody characters, and semiotics.
Subjects: 700 The Arts > 791 Public performances > 791.4 Motion pictures, radio, television > 791.43 Motion pictures > 791.437 Films
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 26 Jun 2019 07:23
Last Modified: 18 Oct 2021 03:55
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/163601
[thumbnail of YOGA RADYAN.pdf] Text
YOGA RADYAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item