Agung, Adin Satrya (2018) Respon Masyarakat Miskin Penerima Bantuan Iuran Bpjs Terhadap Pelayanan Kesehatan (Studi Kualitatif Deskriptif Di Balai Pengobatan Kota Kediri). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini dilakukan di Kota Kediri yang melibatkan Masyarakat Miskin PBI (Penerima Bantuan Iuran)dan Balai pengobatan yang bekerjasama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan.Untuk mengetahui respon yang diberikan masyarakat miskin terhadap pelayanan kesehatan Balai Pengobatan di Kota Kediri.Pelayanan kesehatan yang didapatkan masyarakat miskin dari Balai Pengobatan menimbulkan bermacam respon.Respon yang dilakukan dengan tujuan mendapatkan pelayanan kesehatan yang mudah dan nyaman dari pihak Balai Pengobatan, Penelitian ini menggunakan pendekatanan Kualitatif Deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa respon masyarakat miskin PBI terhadap pelayanan kesehatan dari pihak Balai Pengobatan yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan bermacam respon.Masyarakat miskin PBI yang tetap menggunakan kartu BPJS Kesehatan dalam melakukan pengobatan, tetapi pelayananannya lambat, selain itu bahwa Balai Pengobatan lebih mengutamakan pasien yang dalam proses berobat menggunakan biaya sendiri, selanjutnya ada pasien yang menggunakan Kartu BPJS Kesehatan PBI tidak diterima di Balai Pengobatan dengan alasan ruangan sudah penuh, ada juga yang lebih memilih membayar sendiri dalam proses pengobatan, lebih memilih ke Mantri, Bidan, dan medis lainnya dengan membayar sendiri, alasannyadalam proses pelayanan kesehatan cepat. Dari bermacam respon tersebut disimpulkan bahwa pelayanan kesehatan yang diberikan pihak Balai Pengobatan kepada masyarakat miskin PBI kurang ramah, masih ada kejadian seperti pelayanan kesehatan yang lambat, lebih mengutamakan jenis pasien yang membayar sendiri daripada yang menggunakan kartu BPJS Kesehatan peserta PBI. Sehingga kesimpulan penelitian ini adalah masyarakat miskin PBI (Penerima bantuan Iuran) lebih memilih membayar sendiri dalam proses melalukan pengobatan.
English Abstract
This Research was conducted in Kediri City involing poor society Beneficiaries of the contribution (PBI) and medical clinic cooperate Agency for the provision of social security. To discover respons of the poor to health service in medical clinic Kediri City. Health the service obatained poor society from medical clinic give rise to various response. The expected respons, the purpose of the poor participant PBI would be achieved be related with health service give rise to medical clinic. This research uses descriptive qualitative approach. The result show that respons of the poor to health service medical clinic to cooperate with agency the provision of social security, various response. Among other things poor society uses permanent BPJS card to treatment but slow health service, and other medical clinic choose patient in process treatment use self payment. The next also there are patient use BPJS card not accept from medical clinic the reason full room. However preferred to pay by themselves, tocologist, medical for guider access. there are incidents as slow health service in treatment, and unfriendly service. Self paying customers are more preferred than use BPJS card PBI participants. So, the conclusion the poor choose to pay by themselves treatment.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIS/2018/607/051808017 |
Uncontrolled Keywords: | Respon, Masyarkat Miskin Penerima Bantuan Iuran, Pelayanan Kesehatan-Response, Poor Society PBI, Health service |
Subjects: | 300 Social sciences > 362 Social problems of and services to groups of people > 362.5 Poor people |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi |
Depositing User: | soegeng sugeng |
Date Deposited: | 03 May 2019 01:38 |
Last Modified: | 03 May 2019 01:38 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/163600 |
Actions (login required)
View Item |