Kecenderungan Public Relations Dalam Situasi Krisis, Advokasi : Akomodasi (Studi Kuantitatif terhadap Public Relations di Jawa Timur)

Pratiwi, Gita Nur (2018) Kecenderungan Public Relations Dalam Situasi Krisis, Advokasi : Akomodasi (Studi Kuantitatif terhadap Public Relations di Jawa Timur). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui dan menggambarkan bagaimana penerapan teori Contingency of Accomodation atau CA di Indonesia khususnya Jawa Timur serta faktor apa saja yang mempengaruhi Public Relations dalam menentukan langkah dalam situasi krisis. Teori Contingency of Accomodation (CA) digagas oleh Glen T. Cameron sebagai kritikan terhadap teori excellence yang menyatakan nilai (value) dari aktivitas humas di organisasi ditentukan oleh sejauh mana humas memiliki kemampuan untuk mengelola komunikasi yang simetris dua arah (two way symmetric), dan berorientasi jangka panjang (Suharyanti,Widiastuti & Kania,2012). Penggunaan model komunikasi dua arah dikritik cenderung mengadopsi pendekatan fungsional dalam organisasi yang hanya berfokus pada bagaimana Public Relations berfungsi dalam organisasi. Contingency Theory adalah teori Public Relations yang mencoba untuk menjelaskan mengapa berbagai organisasi dapat berperilaku berbeda tergantung pada situasi yang melibatkan oganisasi (Cancel, Amanda & Mitrook, 1999). Sebanyak 42 responden yang keseluruhanya merupakan praktisi Public Relations di Jawa Timur dilibatkan dalam penelitian ini. Para responden diminta untuk menjawab 34 butir pernyataan yang telah tersaji dalam kuesioner online yang disebarkan oleh peneliti. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa, hasil dari penelitian terdahulu yang dilakukan Cameron dkk di Amerika tidak semuanya sama dengan kondisi yang terjadi di Indonesia khususnya Jawa Timur. Beberapa hasil temuan dari penelitian ini merupakan kebalikan dari penelitian sebelumnya contohnya pada indikator karakteristik Public Relations, para praktisi sepakat bahwa jumlah praktisi PR yang terlatih dalam organisasi (in-house public relations) cenderung mempengaruhi kemungkinan responden untuk terlibat dalam komunikasi atau dialog dengan public, pernyataan ini memiliki nilai sebesar 3,97.

English Abstract

This research is a quantitative descriptive research that aims to know and describe the application of Contingency of Accomodation theory or CA in Indonesia, especially East Java and any factors that influence Public Relations in determining decision at crisis situation. The Contingency of Accomodation (CA) theory was initiated by Glen T. Cameron as a critique of excellence theory that states the value of the public relations activity in the organization determined by which the public relation has the ability to manage two-way symmetrical communication (two symmetric directions) and long-term orientation (Suharyanti, Widiastuti & Kania, 2012). The use of two-way communication model criticized tends to adopt a functional approach within an organization that focuses only on how Public Relations function in the organization. Contingency Theory is a Public Relations theory that tries to explain why organizations can behave differently depending on situations involving the organization (Cancel, Amanda & Mitrook, 1999). 42 respondents who are all Public Relations practitioners in East Java involved in this study. The respondents were asked to answer 34 points of statement that has been presented in the online questionnaire distributed by researchers..The results of this study indicate that, the results of previous studies conducted by Cameron et al in America are not all similar to the conditions occurring in Indonesia, especially East Java. Some of the findings of this study are the opposite of previous studies for the example : On a characteristic of Public Relations indicator, practitioners agree that the number of internally trained public relations practitioners tends to influence the willingness of a respondents to engage in communication or dialogue with the public, his statement has a value of 3.97.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2018/535/051806943
Uncontrolled Keywords: Public Relations, Kecenderungan, Krisis, Contingency Theory,Akomodasi, Advokasi Public Relations, Tendency, Crisis, Contingency Theory, Accomodation , Advocation
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 659 Advertising and public relations > 659.2 Public relations
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 12 Jun 2019 02:28
Last Modified: 22 Oct 2021 02:05
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/163597
[thumbnail of Gita Nur Pratiwi.pdf] Text
Gita Nur Pratiwi.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of Gita Nur Pratiwi.pdf] Text
Gita Nur Pratiwi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item