Analisis Framing Video Titling pada Perpanjangan Tayangan Program SCTV dan Kompas TV di Media Sosial (Kasus Penipuan Dana Umroh oleh First Travel dan Setya Novanto dalam Kasus E-KTP Periode Agustus 2017– April 2018)

Lestari, Nia Heppy (2018) Analisis Framing Video Titling pada Perpanjangan Tayangan Program SCTV dan Kompas TV di Media Sosial (Kasus Penipuan Dana Umroh oleh First Travel dan Setya Novanto dalam Kasus E-KTP Periode Agustus 2017– April 2018). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Media massa yang saat digunakan oleh masyarakat yaitu media cetak, media elektronik, dan media online. Perkembangan media yang semakin pesat mempengaruhi aktivitas dan kebutuhan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan informasi. Media online memiliki konten dalam interaksi antara pembaca dengan penulis berita. Interaksi ini dapat dilakukan oleh pengguna kapan saja dan hal ini dapat membantu penulis dalam menerima saran maupun kritik langsung. Salah satunya konten dalam media online adalah video titling. Penelitian ini meneliti sebuah program video titling pada Liputan 6 dan Kompas TV dengan menggunakan analisis framing. Analisis framing yang digunakan adalah framing model Zhongdan Pan M Kosicki dan diperkuat oleh teori konstruksi realitas dan agenda setting. Adapun hasil dari penelitian menunjukan bahwa framing yang dibuat dalam bentukvideo titling dari Liputan 6 dan Kompas TVbertindak seolah-olah netral dan objektif namun tetap dapat mempengaruhi opini publik atas kepentingan yang dibuat media itu sendiri. Dari hasil analisis framing terlihat bahwa Liputan 6 dan Kompas TV lebih mementingkan kuantitas viewers di media sosial dibanding isi berita yang berkualitas.

English Abstract

The mass media that is used today by society contains printed media, electronic media, and online media. The fast development of media affects society’s activities in fulfilling the need of information. The online media has a content in the interaction between readers and news maker. This interaction can be done by users at all times and can help the author of this research in receiving critics. One of the contents of the online media is video titling. This research studies a video titling program on SCTV and Kompas TV by using the framing analysis. The framing analysis that is used is the Zhongdan Pan M Kosicki framing model and is supported by the reality construction and agenda setting theory. The result of this research shows that the framing that is made in the form of video titling by SCTV and Kompas TV acts neutral and objective but is still able to affect public’s opinion on the importance that the media made itself. From the result of the framing analysis, it is seen that SCTV and Kompas TV emphasizes the viewers’ quantity on social media compared to the substance of a high-quality news.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2018/637/051808192
Uncontrolled Keywords: Framing, Mediaonline, Agenda Setting, dan Konstruksi Realitas-Framing, Media online, Agenda Setting, and Reality Construction
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 070 Documentary media, educational media, news media; journalism; publishing
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 26 Jun 2019 06:51
Last Modified: 16 Dec 2020 04:13
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/163573
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item