Partisipasi Anak Jalanan Dalam Pemberdayaan Program Komunitas Save Street Child Surabaya (SSCS)

Rahmadhan, Adhe Aulia (2018) Partisipasi Anak Jalanan Dalam Pemberdayaan Program Komunitas Save Street Child Surabaya (SSCS). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mendiskripsikan partisipasi anak jalanan dalam pemberdayaan program“Pengajar Keren” pada komunitas Save Street Child Surabaya (SSCS) 2) Untuk mendiskripsikan faktor yang menjadi pendukung dan penghambat partisipasi anak jalanan dalam pemberdayaan program“Pengajar Keren” pada komunitas SSCS. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, karena menekankan pada pemaknaan, pendefinisian, terhadap situasi tertentu dan mengenai realita sosial yang ada di masyarakat, yaitu menjabarkan gambaran yang lebih mendalam dalam fenomena mengenaipemberdayaanprogram komunitas SSCS terhadap anak jalanan di Kota Surabaya. Penelitian ini menggunakan penentuan informan dengan teknik snow ball (bola salju) sehingga ditentukan informan kunci yaitu pengelola komunitas SSCS dan informan pendukungnya yaitu para anak jalanan yang tergabung dalam komunitas SSCS. Analisa data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberdayaan program komunitas SSCS yaitu program-program kegiatan pemberdayaan anak jalanan guna mencapai tujuan yang hendak dicapai yaitu salah satunya program kegiatan yang pertama yaitu pengajar keren merupakan salah satu program kegiatan pemberdayaan anak jalanan yang dilakukan dengan cara membuka kelas belajar mengajar di beberapa wiayah yang ada di Surabaya. Partisipasi anak jalanan dalam pemberdayaan program komunitas SSCS yaitu dengan ikut serta atas program-progran yang ditetapkan oleh SSCS dan dengan semangat menjalankaan seluruh program-program yang telah ditetapkan. Faktor pendukung SSCS yaitu terdapat donatur yang mendukung pelaksanan program dan adanya dukungan dari Dinas Sosial serta kesabaran, perhatian dan keseriusan yang dilakukan oleh para pengajar. Faktor yang menghambat partisipasi anak jalanan dalam pemberdayaan program komunitas SSCS yaitu adanya keterbatasan membuat pelaksanaan belajar mengajar dilaksanakan di lokasi terbuka, selain faktor alam atau kondisi kendala juga dapat muncul dari anak didik yang terkadang malas belajar dan fakor kendala lainnya yaitu anak jalanan tidak terlepas dari faktor ekonomi. Masalah ekonomi menyebabkan anak-anak menjadi tidak dapat sekolah.

English Abstract

This study aims to: 1) To know the participation of street children in the empowerment of "Cool Teachers" program in the community of Save Street Child Surabaya (SSCS) 2) To describe the factors that support and inhibit the participation of street children in empowering "Cool Teacher" program in SSCS community . This research uses qualitative research because it emphasizes meaning, definition, to certain situation and about social reality that exist in society, that is describing deeper picture in phenomenon about empowering SSCS community program to street children in Surabaya city. This research uses informant determination with snow ball technique so that determined by key informant that is community manager of SSCS and supporting informant that is street children joined in SSCS community. Data analysis used in this research use Miles and Huberman model that is data reduction, data presentation, and conclusion. The results showed that the empowerment of SSCS community program is the program of street children empowerment activities in order to achieve the goal to be achieved that is one of the first activity program that is cool teacher is one of the street children empowerment program which is done by opening the class of learning in several wiayah in Surabaya. The participation of street children in the empowerment of SSCS community program is by taking part in the programs established by SSCS and in the spirit of running all the programs that have been established. Supporting factors of SSCS are there are donors that support the implementation of the program and the support of the Social Service and the patience, attention and seriousness done by the teachers. Factors that impede the participation of street children in empowering SSCS community program is the limitation of making the implementation of teaching and learning conducted in open locations, in addition to natural factors or constraints conditions can also arise from students who are sometimes lazy to learn and fakor other obstacles that street children can not be separated from factors economy. Economic problems cause children to be unable to go to school.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2018/635/051808045
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan Program Save Street Child Surabaya (SSCS), Partisipasi, Pengajar Keren dan Anak Jalanan-Empowerment of Save Street Child Surabaya Program (SSCS), Participation, Excellent Teacher and Street Children
Subjects: 300 Social sciences > 362 Social problems of and services to groups of people > 362.7 Young people
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 20 May 2019 06:48
Last Modified: 20 May 2019 06:48
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/163572
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item