Marketing Politik Pemenangan Pasangan Ridho Ficardo-Bachtiar Basri Pada Pemilihan Gubernur Provinsi Lampung Tahun 2014.

Saputra, Endhika (2018) Marketing Politik Pemenangan Pasangan Ridho Ficardo-Bachtiar Basri Pada Pemilihan Gubernur Provinsi Lampung Tahun 2014. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam suatu pemilihan marketing politik sangat dibutuhkan sebagai sebuah strategi untuk menarik para calon pemilih. Pada Pilkada Provinsi Lampung 2014 pasangan Ridho-Bachtiar ikut dalam kontestasi tersebut dan berhasil memenangkannya. Hal ini tentu tak lepas dari hasil kerja tim pemenangan pasangan Ridho-Bachtiar sebagai kandidat terpilih memiliki serangkaian strategi dalam menjaring masa dan para pemilih. Dalam penelitian ini, pendekatan yang digunakan adalah metode kualitatif dengan studi kasus. Hasil penelitian ini menemukan bahwa strategi dari tim pemenangan yang digunakan oleh pasangan Ridho-Bachtiar dalam Pilkada Provinsi Lampung Tahun 2014 memilki tiga variabel penting melalui teori Adman Nursal adalah Strategi pull, push, pass marketing dengan memaksimalkan dana kampanye dan para pendukung dari tim pemenangan. Menggunakan isu calon muda dan pasangan Ridho-Bachtiar memiliki jumlah dana kampanye terbanyak dari pasangan calon lainnya. Ditinjau dari isu yang dilontarkan pasangan calon lain justru membalikan keadaan sehingga pasangan Ridho-Bachtiar memenangkan kontestasi Pilkada Lampung Tahun 2014. Alasan lain karena keterlibatan dari perusahaan besar dalam memenangkan pasangan Ridho-Bachtiar yang dilakukan oleh PT SGC dalam mendanai kampanye.

English Abstract

In the election political marketing is needed as a strategy to attract voters. At an election governor of a Lampung province 2014 candidate couple Ridho-Bachtiar participated in contest and succeeded in may make it prevail. That thing cannot be dissociated from the teamwork winning Ridho-Bachtiar as a candidate elected having a series of strategy in choosing days and voters. In this study, the approach is used was qualitative method with a case study. The result of this research found the strategies from winning team used by the couple candidate Ridho-Bachtiar in election of the governor in the Province of Lampung having three variable important through the theory Nursal Adman is pull, push, pass marketing strategy, to maximize campaign funds and supporters of the team winning. Using the prospective young and possesseing fund the campaign and most of the other candidates. In terms of the launched a pair of another candidate, will change that candidate couple Ridho- Bachtiar wins the contest election Province of Lampung 2014. Another reason because involvement from the company large in won Ridho-Bachtiar conducted by Sugar Group Company in campaign fund.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2018/862/051811206
Uncontrolled Keywords: Marketing politik, Ridho-Bachtiar, Pilkada Provinsi Lampung 2014, Startegi tim pemenangan. Political Marketing, Ridho-Bachtiar, The Election of Governor in The Province of Lampung 2014, The Winner Of Team Strategy.
Subjects: 300 Social sciences > 324 The political process > 324.6 Election systems and procedures; suffrage
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 30 Apr 2019 01:47
Last Modified: 22 Oct 2021 07:27
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/163521
[thumbnail of Endhika Saputra.pdf] Text
Endhika Saputra.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item