Modal Sosial Komunitas Jember Fashion Carnaval (JFC) Dalam Pengelolaan Pagelaran Jember Fashion Carnaval / JFC Showtime

Sekarrini, Yuniar Tri (2018) Modal Sosial Komunitas Jember Fashion Carnaval (JFC) Dalam Pengelolaan Pagelaran Jember Fashion Carnaval / JFC Showtime. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses terbentuknya modal sosial berupa kepercayaan, norma, dan jaringan dalam komunitas Jember Fashion Carnaval (JFC). Jenis dan pendekatan penelitian ini adalah kualitatif deskriptif yaitu untuk menganalisis lebih dalam dan terperinci bagaimana modal sosial terbentuk didalam komunitas JFC seperti kepercayaan, norma, dan jaringan dalam pengelolaan pagelaran karnaval/ JFC show time. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terbentuknya modal sosial haruslah dengan menjalankan ketiga unsur modal sosial yaitu kepercayaan, norma, dan jaringan. Dilihat satu persatu dari unsur modal sosial, norma tidak tertulis disampaikan secara lisan yang didalamnya terdapat nilai-nilai sebagai dasar bagi setiap anggota untuk menjalin hubungan sosial dengan anggota lainnya. Kepercayaan yang terbentuk di komunitas JFC ini muncul dalam suatu hubungan sosial yang diatur oleh nilainilai dalam suatu norma yang menjadi kesepakatan bersama seperti nilai-nilai kepedulian dan nilai-nilai solidaritas. Unsur modal sosial yang ketiga yaitu jaringan juga terbentuk dalam komunitas ini berupa jaringan antar anggota dan jaringan sosial komunitas dengan komunitas/ lembaga lainnya yang muncul karena adanya kepercayaan. Melalui modal sosial, setiap anggota dapat memenuhi tujuan individunya dan saling bekerjasama dalam mencapai tujuan bersama. Secara penemuan dilapangan, komunitas JFC ini sudah memberikan akses yang mudah untuk setiap anggotanya mencapai tujuan individu dan tujuan bersama.

English Abstract

The purpose of this research is to find out how the social capital such as norm, trust, and network is being formed in the community of Jember Fashion Carnival (JFC). This research uses descriptive qualitative approach to have a deep and detail analysis about how the social capital is formed inJember Fashion Carnaval (JFC) Community, such as trust, norm, and network on their management of JFC show time. The result of this research shows that the social capital formed by requiring 3 elements: trust, norm, and network. If we see on each element of social capital, the unwritten norm will be verbally delivered, and they also have some basic values to each group member, and they use them to establish the social relation with other group member. Trust that has been formed in JFC Communityis established in a social relation which being regulated by some values inside some norms and become joint decision, such as caring and solidarity values. Another social capital’s element is network. Network is also formed in this community, such as the network between members and social network community with anothercommunity. This happened because they have trust among each other. By social media, each member are able to fulfill their individual goals and cooperate each other to reachtheir common goals.This research also discover that the JFC community gives access to it’s member to reach their individual and mutual goals.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2018/861/051811205
Uncontrolled Keywords: Modal sosial, Komunitas JFC, kepercayaan, norma, jaringan. Social Capital, JFC community, trust, norms, network.
Subjects: 300 Social sciences > 306 Culture and institutions > 306.4 Spesific aspects of culture > 306.48 Recreation and performing arts
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 29 Apr 2019 02:59
Last Modified: 22 Oct 2021 07:27
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/163520
[thumbnail of Yuniar Tri Sekarrini.pdf] Text
Yuniar Tri Sekarrini.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item