Pengaruh Unsur Daya Tarik Pesan Iklan Video Pre-roll Youtube JD.ID “ Versi Kena Tipu Popok Palsu” Terhadap Brand Awareness JD.ID

Adha, Muhammad Hafizh (2018) Pengaruh Unsur Daya Tarik Pesan Iklan Video Pre-roll Youtube JD.ID “ Versi Kena Tipu Popok Palsu” Terhadap Brand Awareness JD.ID. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Periklanan menurut merupakan suatu proses komunikasi dengan tujuan membujuk atau menggiring orang-orang untuk mengambil tindakan yang menguntungkan bagi pembuat iklan. Sarana promosi yang paling umum digunakan oleh produsen untuk memberikan informasi mengenai keunggulan produk mereka kepada konsumen adalah iklan lewat video Youtube. Salah satu perusahaan Indonesia yang memanfaatkan iklan video pre-rollYoutube dalam memasarkan produknya adalah JD.ID lewat penggunaan daya tarik iklan. Penelitian ini berfokus pada daya tarik iklan sebagai sesuatu yang menggerakan orang, berbicara mengenai keinginan atau kebutuhan mereka dan membangkitkan ketertarikan mereka.Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh dari unsur daya tarik pesan iklan dalam iklan pre-roll JD.ID terhadap brandawareness JD.ID. Pada penelitian ini indikator yang digunakan dalam mengukur variabel independen yaitu unsur daya tarik pesan iklan (X) adalah daya tarik figur, humor, rasa takut, kesalahan, dan musik, dan komparatif. Sedangkan variabel dependennya adalah brand awareness (Y). Jenis penelitian yang digunakan adalah eksplanatif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui kuisioner online dan menggunakan teknik analisis data regresi linear sederhana. Penelitian ini memberikan hasil bahwa daya tarik iklan berpengaruh poitif signfikan terhadap branda wareness. Berdasarkan analisis data, ditemukan hasil bahwa humor merupakan indikator daya tarik iklan yang paling dominan dan berpengaruh terhadap brand awareness JD.ID.

English Abstract

Advertising often reffered as communication process with the aim to persuade or lead people to take actions that are beneficial for the advertisers. The most common promotion tools used by marketers to provided information about the superiority of their products to consumers are advertisements via Youtube videos. One of the Indonesian companies that utilizes Youtube pre-roll video ads in marketing their products is JD.ID through the used of advertising appeal.This research focused on the attractiveness of advertising as something that moved people, talked about what they wanted or needed and aroused their interest. The purpose of this study was to see the effect of the attractiveness of advertising in JD.ID pre-roll ads on JD.ID brand awareness In this study the indicators used in measuring the independent variable, namely the attractiveness of advertising (X) were the attractiveness of the figure, humor, fear, error, comparability, and music. While the dependent variable were brand awareness (Y). The type of this research was quantitative explanative with data collection techniques through online questionnaires and using simple linear regression data analysis techniques. The result of this research was the attractiveness of advertising has a significant positive effect on brand awareness. Based on data analysis, it was found that humor is the most dominant indicator of ad attractiveness and influences JD.ID brand awareness

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2018/828/051810972
Uncontrolled Keywords: Unsur Daya Tarik Pesan Iklan, Brand Awareness, Youtube, Iklan Pre-roll, JD.ID. Attractiveness, Brand Awareness, Youtube, Pre-rollAds, JD.ID.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 659 Advertising and public relations > 659.1 Advertising
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 29 Apr 2019 07:13
Last Modified: 22 Oct 2021 06:47
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/163517
[thumbnail of Muhammad Hafizh Adha.pdf]
Preview
Text
Muhammad Hafizh Adha.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item