Sunarto, Aisyah Gabyarbita Prayadha Sari (2018) Motivasi Penggunaan Media Sosial Sebagai Pemenuhan Kebutuhan Self-Esteem (Studi Kualitatif Deskriptif Pada Pengguna Instagram Yang Menggunakan #Relationshipgoals). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui motivasi yang dimiliki oleh pengguna instagram yang mengikuti #Relationshipgoals. Pengalaman yang dialami oleh pengguna instagram pada fenomena mengikuti #Relationshipgoals mereka memaknai trend tersebut sesuai dengan apa yang mereka unggah pada media sosial instagram milik mereka. Serta tindakan dari motivasi pada masing-masing pengguna akun unstagram yang mengikuti trend #Relationshipgoals sesuai dengan piramida kebutuhan Abraham Maslow pada upaya pemenuhan kebutuhan aktualisasi diri. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekataan fenomenologi, karena pengalaman tidak dapat diukur dengan angka selain itu pengalaman dari masing-masing individu pasti berbeda terutama dalam hal pengalaman apa saja yang mereka alami sehingga mereka mengikuti trend ini. Serta bagaimana proses pengelolaan konten untuk mendapatkan feedback seperti yang mereka harapkan Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa informan yang mengikuti trend #Relationshipgoals yang mengunggah konten tersebut melakukan proses pengelolaan konten dengan konsep sedemikian rupa. Konsep tersebut merupakan hasil dari pengalaman pengunggahan konten yang dilakukan di media sosial instagram. Kemudian pengalaman tersebutlah yang motivasi dalam pengelolaan konten unggahan selanjutnya. Motivasi yang dimiliki oleh pengguna instagram yang mengikuti trend #Relationshipgoals dapat menunjukan upaya pemenuhan kebutuhan dasar manusia berdasarkan piramida kebutuhan Abraham Maslow yaitu kebutuhan aktualisasi diri serta kebutuhan yang lainnya.
English Abstract
The purpose of this study is to determine the motivation of instagram users who follow #Relationshipgoals. Experiences experienced by instagram users on phenomena follow #Relationshipgoals they interpret the trend according to what they upload on their instagram social media. As well as actions of motivation on each user unstagram account that follows the hastag trend #Relationshipgoals in accordance with the pyramid needs Abraham Maslow on efforts to meet the needs of self-esteem. This study uses qualitative research methods with phenomenology alignment, because experience can not be measured by numbers other than that experience of each individual must be different especially in terms of what experience they experience so that they follow this trend. And how the content management process to get the feedback as they expect The results of this study indicate that the informants who follow the trend #Relationshipgoals that upload the content by the process of managing the content with the concept in such a way. The concept is the outcome from the experience of uploading content performed on instagram social media. This experience become a considerations for informants to manage of the uploaded content. Motivation by instagram users who follow trend #Relationshipgoals showing efforts to fulfill basic human needs based on The Hirearchy of Needs by Abraham Maslow's for self-actualization needs and other needs.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIS/2018/566/051806974 |
Uncontrolled Keywords: | Motivasi, Media Sosial, Instagram, Relationship Goals, Self Esteem-Motivation, Social Media, Instagram, Relationship Goals, Self Esteem. |
Subjects: | 300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.3 Social interaction within groups > 302.302 85 Computer aplications |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | soegeng sugeng |
Date Deposited: | 07 Aug 2019 03:14 |
Last Modified: | 07 Aug 2019 03:14 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/163509 |
Actions (login required)
View Item |