“Gaya Komunikasi Kepemimpinan Pengusaha Muda Di Cv. Mulya Agung (Choco Marble Sale)”

Raditya, Deni Chandra (2018) “Gaya Komunikasi Kepemimpinan Pengusaha Muda Di Cv. Mulya Agung (Choco Marble Sale)”. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Choco Marble sale merupakan makanan ringan yang berupa sale pisang dan di balut dengan coklat berbagai jenis rasa yang berpusat di kota Batu. Mas Rakha adalah pemilik dari perusahaan tersebut beliau mendirikan perusahaan tersebut mulai tahun 2014 di kota Batu, beliau masi sangat muda menginjak usia 19 tahun beliau sudah mulai merintis udaha ini. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisin gaya komunikasi yang dilakukan oleh pemimpin perusahaan yang tergolong masi sangat muda dan peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik yang digunakan adalah teknik pengumpulan data yang diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi nonpartisipan, dan dokumentasi. Dalam pemilihan informan menggunakan teknik purposive sampling yang terdiri dari 2 informan utama dan 6 informan pendukung. Penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dari wawancara dan observasi. Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa gaya kepemimpinan pengusaha muda di chocho marble sale mengacu kepada kepemimpinan demokratis. Bentuk komunikasi interpersonal yang dilakukan adalah komunikasi verbal melalui penggunaan bahasa sehari-hari ketika berinteraksi, dan komunikasi nonverbal biasanya berupa gerakan-gerakan, sentuhan, gerakan mata, dan visualisasi. Gaya komunikasi yang sering diperlihatkan oleh pemimpin adalah supportive style yang dimana beliau sering rendah diri dan sosiabilitas meskipun beliu yang paling muda diantara yang lain namun beliau tetap menghormati yang lebih tua dan saling menghargai. Gaya komunikasi kepemimpinan tersebut cocok diterapkan didalam perusahaan choco marble sale karena beliau sangat membaur dan juga bisa menghibur dikala dalam bekerja.

English Abstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2018/1031/051900569
Uncontrolled Keywords: Pemimpin pengusaha muda, gaya kepemimpinan, gaya komunikasi, komunikasi interpersonal.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.4 Executive management > 658.409 Personal aspects of executive management > 658.409 2 Executive leadership
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 31 May 2019 03:37
Last Modified: 31 May 2019 03:37
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/163494
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item