Personal Branding Musisi Melalui Album (Analisis Isi Pesan Personal Branding Fifan Christa melalui Akun Instagram Atlesta)

Mediafebita, Edza (2018) Personal Branding Musisi Melalui Album (Analisis Isi Pesan Personal Branding Fifan Christa melalui Akun Instagram Atlesta). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Personal branding adalah proses yang menggunakan nilai, karakteristik,dan keunggulan individu untuk membuat dirinya berbeda dan menunjukkan kualitas dirinya dari orang lain. Montoya dan Vandehey mengemukakan personal branding laws sebagai hal-hal yang membantu pembentukan personal brand. Fokus penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan mengukur isi pesan personal branding, khususnya personal branding laws yang tampak melalui akun Instagram sebuah music project asal Malang yang menurut peneliti memiliki karakteristik tersendiri dalam akun Instagramnya. Penelitian ini menggunakan metode analisis isi kuantitatif dengan kategorisasi personal branding laws. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling untuk menentukan periode unggahan yang dianalisis berdasarkan dua unit analisis yakni, unit analisis foto atau gambar dan unit analisis caption. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa teori personal branding laws mampu mengidentifikasi pesan personal branding yang dilakukan oleh Fifan Christa dalam album Gestures melalui akun Instagram Atlesta, dan personal brand yang dibentuk oleh Fifan Christa adalah citra diri yang memiliki kredibilitas sebagai musisi, sehubungan dengan spesialisasi diri dalam bidang musik.

English Abstract

Personal branding is a process that uses individuals. Montoya and Vandehey present personal branding laws as things that help the formation of personal brands. The focus of this research is to find and measure personal branding messages, especially personal branding laws which appear through the Instagram account of a music project from Malang in accordance with Instagram account. This research uses quantitative content analysis method with categorization of personal branding laws. The sampling technique in this study used purposive sampling to determine the periods analyzed by unit analysis, photo or image analysis unit and caption analysis unit. The result of the research shows that personal branding laws theory can identify personal branding messages by Fifan Christa in Gestures album through Atlesta’s Instagram account, and personal brand formed by Fifan Christa is a self-image that has credibility as a musician, related to music field.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2018/568/051806976
Uncontrolled Keywords: Personal Branding, Media Sosial, Instagram, Analisis Isi-Personal Branding, Social Media, Instagram, Content Analysis
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.3 Social interaction within groups > 302.302 85 Computer aplications
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 05 Aug 2019 03:02
Last Modified: 15 Aug 2023 07:51
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/163481
[thumbnail of Edza Mediafebita.pdf] Text
Edza Mediafebita.pdf

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item