Paradiplomasi Kota Moreland Dan Hume, Australia Melalui Kesepakatan Persahabatan Dengan Distrik Aileu, Timor Leste 2000 - 2015

Salim, Rismanto Pamungkas (2018) Paradiplomasi Kota Moreland Dan Hume, Australia Melalui Kesepakatan Persahabatan Dengan Distrik Aileu, Timor Leste 2000 - 2015. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Diplomasi saat ini bukanlah sebuah kegiatan eksklusif bagi negara, berbagai kegiatan internasional telah dilakukan oleh entitas sub-negara. Salah satu kegiatan populer yang dilakukan oleh aktor sub-negara adalah kerjasama dalam program sister city atau friendship city. Melalui pendekatan paradiplomasi, penelitian ini berusaha untuk membuka pandangan baru mengenai upaya aktor sub-negara dalam melakukan kegiatan internasional. Kesepakatan persahabatan yang telah dilakukan oleh kota Moreland dan Hume dengan Distrik Aileu adalah kesepakatan persahabatan antar pemerintah daerah pertama dan terlama yang dilakukan oleh Australia dan Timor Leste. Kesepakatan tersebut bertujuan untuk membangun ulang kehidupan di Timor Leste. Berbagai capaian telah berhasil dilaksanakan dari kesepakatan persahabatan tersebut. Penelitian ini berusaha mengungkap upaya dalam pelaksanaan paradiplomasi menggunakan Konsep Institutionalization of Paradiplomacy milik Alexander Kuznetsov. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan data sekunder dengan menggunakan teknik pengumpulan data kepustakaan. Hasil Penelitian ini menjelaskan bahwa capaian dari kesepakatan persahabatan yang dilakukan oleh Kota Moreland dan Hume dengan distrik Aileu dapat dibuktikan dengan adanya upaya yang ditunjukan melalui beberapa tindakan, yakni adanya Badan Daerah dalam Urusan Luar Negeri, Badan Daerah di Luar Negeri, Memprakarsai Acara Internasional, Kunjungan Resmi, dan Bekerja dengan Pemerintah Pusat.

English Abstract

Diplomacy is not an exclusive activity for the state, various international activities have been undertaken by sub-state entities. One of the popular activities undertaken by sub-state actors is cooperation in sister city or friendship city programs. Through the paradiplomasi approach, this research seeks to open new perspectives on the efforts of sub-state actors in conducting international activities. The friendship agreements that have been made by the cities of Moreland and Hume with Aileu District are the first and the longest intergovernmental friendship agreements made by Australia and Timor Leste. The agreement aims to rebuild life in East Timor. Various achievements have been successfully implemented from the agreement of friendship. This research attempts to reveal the effort in the implementation of paradiplomasi using the Concept of Institutionalization of Paradiplomacy by Alexander Kuznetsov. This research is a qualitative research using secondary data using library research. The results of this study indicate that the achievements of the friendship agreements undertaken by Moreland and Hume City with Aileu district can be demonstrated by the efforts shown through several actions, that is the presence of Regional Ministry of Foreign Affairs, Abroad Office, Initiating International Events, Official Visit, and Working With Central Govenrment.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2018/579/051806987
Uncontrolled Keywords: Kerjasama Sub-Negara, Paradiplomasi, Kesepakatan Persahabatan, Kota Moreland, Kota Hume, Distrik Aileu-Intergovernmental relation, Paradiplomacy, Friendship Agreement, Moreland City, Hume City, Aileu District
Subjects: 300 Social sciences > 327 International relations
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 05 Aug 2019 02:56
Last Modified: 09 Sep 2022 02:33
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/163478
[thumbnail of Rismanto Pamungkas Salim.pdf] Text
Rismanto Pamungkas Salim.pdf

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item