Perbedaan Good Corporate Governance (GCG), Struktur Kepemilikan Saham Dan Corporate Social Responsibility (CSR) (Studi Pada Negara Indonesia Dan Malaysia)

Nufus, Hayatun (2018) Perbedaan Good Corporate Governance (GCG), Struktur Kepemilikan Saham Dan Corporate Social Responsibility (CSR) (Studi Pada Negara Indonesia Dan Malaysia). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji perbedaan Good Corporate Governance (GCG), struktur kepemilikan saham dan Corporate Social Responsibility (CSR) di Indonesia dan Malaysia dikarenakan masih terdapat isu mengenai masalah lingkungan dan CSR yang perlu dikaji di Indonesia dan Malaysia. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang merupakan laporan tahunan perusahaan yang terdaftar di BEI dan Bursa Malaysia pada tahun 2016- 2017. Sampel penelitian ini ditentukan dengan metode random sampling sebanyak 60 perusahaan yang terdiri dari 30 perusahaan di Indonesia dan 30 perusahaan di Malaysia. Metode analisis yang digunakan adalah analisis T-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang tidak signifikan pada CSR dan GCG di Indonesia dan Malaysia. Pada variabel struktur kepemilikan saham memiliki hasil yang berbeda pada setiap indikator nya. Hasil pengujian kepemilikan manajerial diketahui bahwa terdapat perbedaan yang tidak signifikan antara Indonesia dan Malaysia sedangkan untuk kepemilikan institusional dan kepemilikan asing diketahui bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara Indonesia dan Malaysia. Implikasi penelitian ini adalah perusahaan di Indonesia harus lebih memperhatikan lagi mengenai penerapan dan pengungkapan CSR karena tingkat pengungkapan CSR di Indonesia lebih rendah dari pada Malaysia.

English Abstract

The objective of this study is to assess the differences between Good Corporate Governance (GCG), share ownership structure, and Corporate Social Responsibility (CSR) in Indonesia and in Malaysia since issues about environment and CSR still need to be addressed in those countries. This study uses secondary data in forms of annual reports of companies listed in the IDX and Bursa Malaysia during the period of 2016-2017, which was then analyzed using T-test. Using random sampling method, 30 Indonesian and 30 Malaysian companies were selected as the research sample. The results show that CSR and GCG in Indonesia and Malaysia are insignificantly different. However, the share ownership structure between the two countries varies in each indicator. The result of managerial ownership assessment indicates insignificant difference, while institutional and foreign ownership between the countries are significantly different. The results imply that Indonesian companies should pay more attention to CSR application and disclosure because the disclosure level in Indonesia is lower than that in Malaysia

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2018/665/051811865
Uncontrolled Keywords: Good Corporate Governance (GCG), struktur kepemilikan saham, Corporate Sosial Responsibility (CSR), Indonesia, Malaysia, Good Corporate Governance (GCG), share ownership structure, Corporate Social Responsibility (CSR), Indonesia, Malaysia
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.4 Executive management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 28 Mar 2019 03:08
Last Modified: 20 Oct 2021 08:36
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/163474
[thumbnail of HAYATUN NUFUS.pdf]
Preview
Text
HAYATUN NUFUS.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item