Islami, Amitia Nourma (2018) Kampanye Komunikasi Lingkungan Berbasis Komunitas Anak Muda (Studi Kualitatif Deskriptif Program Tumbler Day 2015 Dan 2016 Oleh Komunitas Hilo Green Community (HGC) Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan lingkungan yang kini menjadi hal serius untuk dibahas, khususnya isu sampah plastik di Indonesia. Untuk menangani permasalahan ini dibutuhkan upaya baik dari pemerintah maupun masyarakat. Upaya dari masyarakat, khususnya anak muda dapat ditunjukkan melalui organisasi non profit, salah satunya komunitas peduli lingkungan yang berperan sebagai agent untuk menyampaikan gaya hidup yang ramah lingkungan dengan kegiatan-kegiatan yang mampu menunjang tujuan meminimalisir dampak buruk pemanasan global. Kegiatan tersebut dapat diwujudkan melalui kampanye komunikasi lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas kampanye komunikasi lingkungan dalam Program Tumbler Day yang dilakukan oleh komunitas HiLo Green Community (HGC) Malang. Melalui desain studi kualitatif deskriptif, data dikumpulkan menggunakan wawancara semi terstruktur pada 4 (empat) informan yang terdiri dari pengurus HGC Malang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) tujuan kampanye Tumbler Day untuk mengubah perilaku masyarakat yang tidak ramah lingkungan dengan mulai menggunakan botol tumbler dibanding botol plastik, (2) kampanye Tumbler Day berangkat dari fakta adanya peningkatan jumlah sampah plastik di Indonesia, (3) target audience dari kampanye Tumbler Day adalah anak muda, karena anak muda memiliki peran besar dalam pembangunan berkelanjutan (4) aksi yang diminta dalam kampanye Tumbler Day ialah target audience mengikuti selfie photo competition di Instagram, melakukan barter botol plastik bekas dengan botol tumbler dari HGC Malang, flashmob, dan DIY (Do-It-Yourself) tempat sampah dari botol plastik bekas (5) Pesan yang ingin disampaikan ialah mulai melakukan gaya hidup hijau dengan hal sederhana yaitu menggunakan tumbler dibanding botol plastik dalam konsumsi air minum sehari-hari (6) Media yang digunakan dalam kampanye Tumbler Day ialah radio, media sosial Instagram, edukasi langsung dengan partisipan, serta kegiatan yang menarik yaitu flashmob dan DIY. Penelitian ini dapat menggambarkan bagaimana aktivitas kampanye komunikasi lingkungan dalam komunitas berbasis anak muda.
English Abstract
This research is motivated by environmental problems which now become serious issues to be discussed, especially the issue of plastic waste in Indonesia. To address these issues, both government and community efforts are needed. Efforts from the community, especially young people can be demonstrated through non-profit organizations, one of which is the environmental community that acts as an agent to convey an environmentally friendly lifestyle with activities that are able to support the goal of minimizing the adverse effects of global warming. Such activities can be realized through environmental communication campaigns. This study aims to determine the activity of environmental communication campaign in Tumbler Day Program conducted by HiLo Green Community (HGC) Malang. Through descriptive qualitative study design, data were collected using semi structured interviews on 4 (four) informants consisting of HGC Malang officers. The result of this research shows that (1) Tumbler Day campaign aim to change the behavior of society that is not environmentally friendly by starting to use bottle tumbler than plastic bottle, (2) Tumbler Day campaign started from fact of increasing amount of plastic waste in Indonesia, (3) target audience of Tumbler Day campaigns are young people, because young people have a big role in sustainable development. (4) The action required in Tumbler Day campaign is the target audience following self-photo competition in Instagram, bartering used plastic bottles with tumbler bottle from HGC Malang, flashmob , and DIY (Do-It-Yourself) bins from used plastic bottles (5) The message to begin is to start a green lifestyle with the simple thing of using a tumbler instead of a plastic bottle in daily drinking water consumption (6) the media used in Tumbler Day campaigns are radio, social media Instagram, direct education with participants, as well as interesting activities such as flashmob and DIY. This research can illustrate how the activity of environmental communication campaign in youth based community
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIS/2018/592/051807000 |
Uncontrolled Keywords: | kampanye komunikasi, komunikasi lingkungan, komunitas anak muda-communication campaign, environmental communication, youth community |
Subjects: | 300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Communication |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Sugeng Moelyono |
Date Deposited: | 30 Jul 2019 02:56 |
Last Modified: | 30 Aug 2023 04:39 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/163469 |
![]() |
Text
Amitia Nourma Islami.pdf Download (15MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |