Rahmasari, Karima (2018) Pengaruh Celebrity Endorser Karin Novilda (@Awkarin) Terhadap Peningkatan Penjualan Buffy Antiseptik Pada Media Sosial Instagram. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Hadirnya jaringan internet memberikan ruang terhadap munculnya beragam aplikasi media sosial yang memudahkan manusia untuk saling berinteraksi. Kemunculan beragam aplikasi media sosial tersebut mengubah kegunaan media sosial yang tidak hanya sekedar untuk berinteraksi saling berkirim pesan, tetapi berkembang menjadi media promosi produk yang cukup efektif untuk menjangkau konsumen di dalam dunia bisnis dengan penggunaan selebriti endorser. Salah satu aplikasi media sosial yang digunakan untuk media promosi adalah Instagram. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah pengaruh endorser selebgram Karin Novilda terhadap peningkatan penjualan produk Buffy Aqua Antiseptik. Penelitian ini menjadi penting dikarenakan selama ini, penelitian yang berkaitan dengan penggunaan selebriti endorser sering berdasar pada pengaruh seorang endorser terhadap minat pembelian. Sementara penelitian ini lebih menekankan pada pengaruh penggunaan selebriti endorser terhadap peningkatan penjualan sebuah produk. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian dengan classical paradigm terutama positivism (positivistik). Sedangkan metode yang digunakan adalah kuantitatif. Data utama yang digunakan adalah data yang bersifat kuantitatif atau data kualitatif yang dikuantifikasikan. Data tersebut berasal dari hasil wawancara terhadap para responden yang telah ikut berpartisipasi di dalam penelitian ini melalui penyebaran kuisioner dan data hasil wawancara terhadap pemilik usaha Buffy Antiseptik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan selebriti endorser memberikan dampak terhadap peningkatan penjualan Buffy Antiseptik. Terdapat empat indikator yang diujikan di dalam penelitian ini yaitu informasi (informing), persuasif (influencing), pengingat (reminding), pengulangan (pervasiveness). Dari keempat indikator tersebut, indikator pengulangan (pervasiveness) memberikan dampak paling dominan terhadap peningkatan penjualan.
English Abstract
The presence of internet network provides space for variety of social media applications that allow people to interacteach other easily. Those applications change the use of social media to send a message, into a media topromotea product that is effective enough for business to reach consumerby using celebrity endorser.One of the social media applications used for promotion is Instagram. This study is conducted to find out how is the endorsement influence of an instagram celebrity, Karin Novilda, to increase the sales of Buffy Aqua Antiseptic. This research becomes important because the study about celebrity endorser is mostly focus on the influence of an endorser to the consuming interest. However, the researcher here emphasized the influence of a celebrity endorser towards the increase of product sales. This study belongs to the classical paradigm research, especially positivism. The method used in this studywas quantitative. The primary data used were quantitative or qualitative data that are quantified. The researchercollected the data from the respondents who had participated in this research through questionnaire and the interview resultwithBuffy Antiseptic’s business owners. The results of this study indicated that the use of celebrity endorsers has an impact on the increase in Buffy Antiseptic sales.Buffy Antiseptic is the first brand for underarm antiseptic that reduces body odor, brightens underarm and removes underarm hair. There were four variables tested in this research which are information (informing), persuasion (influencing), reminder (reminding), and repetition (pervasiveness). From the four variables, the repetition variable (pervasiveness) gave the most dominant impact to the increase in sales.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIS/2018/586/051806994 |
Uncontrolled Keywords: | Media Sosial, Instagram, Selebriti Endorser-Social Media, Instagram, Celebrity Endorser |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | soegeng sugeng |
Date Deposited: | 30 Jul 2019 01:40 |
Last Modified: | 04 Jun 2020 08:42 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/163460 |
Actions (login required)
View Item |