“Kampanye Komunikasi Publik Dalam Meningkatkan Kesadaran Masyarakat Terhadap Penegakan Hak Asasi Perempuan Dan Anak” (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Lembaga Swadaya Masyarakat Women’s Crisis Center Dian Mutiara Di Kota Malang Periode Juli 2017 - Juli 2018)

Wardani, Mustika Ayu Nini (2018) “Kampanye Komunikasi Publik Dalam Meningkatkan Kesadaran Masyarakat Terhadap Penegakan Hak Asasi Perempuan Dan Anak” (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Lembaga Swadaya Masyarakat Women’s Crisis Center Dian Mutiara Di Kota Malang Periode Juli 2017 - Juli 2018). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis kampanye komunikasi publik dalam meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap penegakkan Hak Asasi Perempuan (HAP) dan Hak Asasi Anak (HAA) di Indonesia khususnya kota Malang, Jawa Timur oleh Women’s Crisis Center (WCC) Dian Mutiara. Hal ini dikarenakan kampanye komunikasi publik begitu berperan dan berpengaruh positif dalam setiap organisasi non-profit untuk mewujudkan visi yang ingin mereka raih. Rancangan penelitian kualitatif deskriptif ini untuk memberikan gambaran mengenai sesuatu yang tengah berlangsung saat penelitian dilakukan. Hasil penelitian disajikan dalam bentuk data yang rapi dan telah terkondensasi. Data penelitian ini didapat dari observasi, wawancara dan dokumentasi dengan objek penelitian mengenai kampanye komunikasi publik yang digunakan pengurus Lembaga Swadaya Masyarakat Women’s Crisis Center Dian Mutiara terkhusus pada visinya yaitu penegakan Hak Asasi Perempuan (HAP) dan Hak Asasi Anak (HAA) dalam upaya meningkatkan kesadaran publik akan pentingnya hal ini. Target atau sasaran kampanye komunikasi publik yang dilakukan WCC Dian Mutiara adalah perempuan, anak laki – laki dan anak perempuan, korban pelanggaran hak asasi perempuan dan anak, jejaring komunitas lembaga swadaya masyarakat, aktivis sosial, mahasiswa hingga pemerintah terkait,selama bulan Juli 2017 – Juli 2018,termasuk melibatkan para komunikator, dan didapatkan pesan – pesan yang sangat berarti bagi semua lapisan masyarakat baik untuk masyarakat umum,intelek / mahasiswa untuk meningkatkan kesadaran mereka.

English Abstract

This research is a qualitative descriptive research which aims to have the understand and the analysis of the application on Public Communication Campaign to enhance the public awareness about Women’s Rights and Children’s Rights enforcement in Indonesia, especially at Malang, East Java by Women’s Crisis Center (WCC) Dian Mutiara. Public Communication Campaign is very meaningful and have positive impact on every non-profit organizations to actualize their vision. The design of this descriptive qualitative study to provide an overview of something that is going on when the research is done. The results are presented in a neat and condensed form. This research data is obtained from observation, interview and documentation with object of research concerning public communication campaign which used by non-governmental organization of Women's Crisis Center Dian Mutiara especially on its vision of Women's Rights Enforcement (HAP) and Child Rights (HAA) to raise public awareness about the importance. WCC Dian Mutiara's target of public communications campaigns are women, boys and girls, victims of violations of women's and children's rights, community networks of non-governmental organizations, social activists, students and related governments, during July 2017 - July 2018, including the involvement of communicators, and found many messages that are meaningful to all levels of society both for the public and intellectuals / students to raise their awareness.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2018/584/051806992
Uncontrolled Keywords: LSM, kampanye komunikasi publik, penegakan hak perempuan dan anak-non-governmental organizations, public communications campaigns, women’s rights and children’s Rights enforcement
Subjects: 300 Social sciences > 323 Civil and political rights > 323.3 Civil and political rights of other social groups
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Sugeng Moelyono
Date Deposited: 26 Apr 2019 01:34
Last Modified: 26 Apr 2019 01:34
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/163435
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item