Strategi Pengelolaan Radio Polaris FM Dalam Menghadapi Era Konvergensi Media

Pratamayudha, Fany Cipta (2018) Strategi Pengelolaan Radio Polaris FM Dalam Menghadapi Era Konvergensi Media. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Radio, tepatnya radio siaran mere akan salah satu jenis media massa, yakni sarana atau saluran komunikasi massa, seperti halnya surat kabar, majalah, atau Sejak awal kemunculannya, radio telah menjadi media komunikasi massa yang kuat, bahkan, radio pernah disebut-sebut sebagai kekuatan kelima setelah Koran. Namun, seiring dengan perkembangan teknologi, maka radio pun mengalami sejumlah perubahahan. Saat ini radio sedang dalam proses perubahan dan niempersiapkan diri untuk berkompetisi dengan media digital. Penyebab awal ter jadinya konvergensi adalah perpindahan dari perangkat analog ke perangkat digital. Namun di era konvergensi, media-media lama tidak akan mati. Tidak ada media yang dapat -membunuh" media pendahulunya. TV, koran, dan radio tidak akan mati, tetapi mereka akan merubah bagaimana cara mereka dalam menggunakan teknologi untuk produksi dan distribusi konten-konten mereka. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang kesiapan dan strategi yang digunakan oleh Radio Polaris FM dalam menghadapi era konvergensi media. Penelitian ini menganalisa kondisi eksternal dan internal Radio Polaris FM sebelum menggunakan analisa SWOT untuk mengetahui strategi dan kesiapan dalam menghadapi konvergensi media. Hasilyang diperoleh adalah strategi dan kesiapan Radio Polaris FM masih belum efektif dan belum merambah ke media baru secara penuh. Keterbatasan perangkat keras yang menjadi faktor utama penghambat konvergensi media Radio Polaris FM.

English Abstract

Radios, precisely radio broadcasts, will be one type of mass media, namely the means or channels of mass communication, such as newspapers, magazines, or since its inception, radio has become a powerful mass communication media, in fact, radio has been mentioned as a force fifth after the newspaper. However, along with technological developments, the radio also experienced a number of changes.Currently radio is in the process of changing and preparing to compete with digital media. The initial cause of convergence is the shift from analog devices to digital devices. But in the era of convergence, old media will not die. No media can kill "predecessor media. TV, newspapers and radio will not die, but they will change how they use technology to produce and distribute their content.This study aims to provide an overview of the readiness and strategies used by Radio Polaris FM in the face of the era of media convergence. This study analyzes the external and internal conditions of Polaris FM Radio before using the SWOT analysis to determine strategy and readiness in the face of media convergence. Hasilyang obtained is that the strategy and readiness of Polaris FM Radio is still not effective and has not yet penetrated into new media in full.Hardware limitations are a major factor in the media convergence of Radio Polaris FM.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2018/1012/051900160
Uncontrolled Keywords: Radio, Konvergensi Media, Strategi, SWOT-Radio, Media Convergence, Strategy, SWOT
Subjects: 300 Social sciences > 384 Communications > 384.5 Wireless communication > 384.54 Radiobroadcasting
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 04 Mar 2019 06:38
Last Modified: 25 Oct 2021 03:20
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/163398
[thumbnail of Fany Cipta Pratamayudha.pdf]
Preview
Text
Fany Cipta Pratamayudha.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item