Analisis Kredibilitas Komunikator Selebgram Karin Novilda (@Awkarin) Sebagai Seorang Endorser

Feneshia, Anggie Meista (2018) Analisis Kredibilitas Komunikator Selebgram Karin Novilda (@Awkarin) Sebagai Seorang Endorser. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penggunaan selebriti sebagai seorang endorser merupakan hal yang lumrah dalam bidang pemasaran produk maupun jasa oleh perusahaan-perusahaan besar. Namun, pada saat ini bukan hanya perusahaan-perusahaan besar saja yang dapat melakukan hal tersebut, onlineshop juga mulai menggunakan selebriti untuk membantu melakukan pemasaran produk yang mereka miliki. Dengan berkembangnya media sosial seseorang yang menjadi influencer bukan hanya mereka yang berasal dari dunia selebritas tetapi juga mulai muncul influencer media sosial di instagram yang kemudian disebut sebagai selebgram dan menjadi alternatif sebagai endorser produk onlineshop. Selebgram yang memiliki reputasi baik atau buruk tetap digunakan dalam kegiatan ini dan salah satunya adalah Karin Novilda (@awkarin) yang beberapa waktu lalu mendapat teguran dari KPAI mengenai perilaku yang ditunjukan di media sosial miliknya, dan hal ini betolak belakang dengan penelitian-penelitian yang telah dilakukan sebelumnya. Penelitian ini menggunakan konsep yang disusun oleh Ohanian (1990) untuk mengukur kredibilitas seorang komunikator dalam bidang endorsement yang dibagi kedalam dua katagori, yaitu menggunakan source credibility model dan source attractiveness model. Metode penelitian menggunakan kuantitatif deskriptif dengan menyebar kuisioner pada 69 onlineshop yang sebelumnya pernah melakukan endorsement pada Karin Novilda (@awkarin). Hasil yang didapat dari penelitian ini dengan pengukuran menggunakan source credibility model dan source attractiveness model menunjukan bahwa experienced pada source credibility model memiliki peran yang penting bagi onlineshop untuk tetap melakukan endorsement pada Karin Novilda (@awkarin) terlepas bagaimana reputasi yang dimiliki.

English Abstract

Using celebrity as an endorser is a common way to help the companies marketing their products or services. But, nowdays not only companies can use celebrity as their endorser, onlineshop on instagram platform start using celebrity as their endorser to help them marketing their products. As the improvement of social media, other influencer from instagram start arise too and it called as celebgram. Onlineshop use celebgram as alternative communicator or endorser for their products despite of celebgrams’ reputation itself and one of the the who has bad reputation is Karin Novilda (@awkarin). She got that bad reputation because of her attitude on social media instgaram and KPAI warned her. Even though that happened, it still opposite from former researches. This research using concept from Ohanian (1990) that involved two models to be assesed. The first is source credibility model and the secound is source attractiveness model. This research using quantitative descriptive method and give questionnaire to 69 respondent who had endorsed Karin Novilda (@awkarin). The result of this research shows that experienced in source credibility model play a significant role for onlineshop to use her as endorser for their products despite of Karin Novilda (@awkarin)s’ reputation.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2018/896/051811421
Uncontrolled Keywords: Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Endorsement Selebgram, Media Sosial Instagram Celebgram Endorsement, Social Media Instagram
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.3 Social interaction within groups > 302.302 85 Computer aplications
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 05 Aug 2019 01:28
Last Modified: 22 Oct 2021 07:38
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/163388
[thumbnail of Anggie Meista Feneshia.pdf]
Preview
Text
Anggie Meista Feneshia.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item