Strategi E-Promosi Puspita Martha Beauty School untuk Menarik Siswa

Rozaan, Althofi (2018) Strategi E-Promosi Puspita Martha Beauty School untuk Menarik Siswa. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi e-promosi yang tepat dalam menarik minat siswa Puspita Martha Beauty School. Puspita Martha sendiri adalah perusahaan yang bergerak pada bidang jasa sekolah kecantikan, sebagai pioner dari sekolah kecantikan di Indonesia dan merupakan salah satu sekolah yang berada pada payung Martha Tilaar Group sebagai produsen kosmestik asli Indonesia, yang mana strategi komunikasi pemasaranya terbilang cukup unik dengan memanfaatkan media baru yakni internet dengan melakukan stratgei e-promosi pada instagram dan website. Metode penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, dengan analisis data menggunakan kondensasi data, hasil pada penelitian Startegi komunikasi pemasaran yang telah dilakukan oleh Puspita Martha terbilang unik dengan menggunakan sosial media yang berupa instagram untuk melakukan strategi e-promosi, hal tersebut dapat mendatangkan data base yang banyak dan dapat meminimalkan anggaran perusahaan untuk melakukan kegiatan promosi serta dapat menarik perhatian dari para target pasar Puspita Martha. Penggunaan platform Instagram memiliki porsi yang banyak sebagai wadah implementasi dari kegiatan e-promosi daripada platform lain seperti website, facebook dan twitter dikarenakan, ketertarikan para murid serta potensial client lebih cendrung untuk melihat instagram sebagai sumber pencari informasi suatu perusahaan, dimana hal ini dapat di simpulkan bahwa intensitas kunjungan para murid dan potensial client lebih banyak berkunjung melalui instagram daripada website, facebook, dan twitter. Strategi e-promosi yang dilakukan oleh Puspita Martha dalam menarik minat siswa yakni e-advertising yang mana pembuatan video, berupa kegiatan sekolah baik aktifitas didalam kelas, demo guru serta hasil akhir dari para murid yang di upload pada instagram post, dan instagram story dapat menarik minat para murid dan potensial client untuk selalu berkunjung pada profil instagram Puspita Martha, e-sales promotion yang berupa email marketing dengan format PDF, ataupun JPEG yang disertakan juga berupa e-voucher pada event-event tertetu juga dapat menarik minat para murid dan potensial client. Ketiga adalah e-personal selling yang dilakukan oleh Puspita Martha dengan melakukan konfrensi penjualan dengan bentuk instagram live dengan memberikan informasi mengenai tips dan trik mengenai makeup serta demo makeup yang di lakukan oleh para alumni dan guru Puspita Martha yang telah terkenal sebagai Makeup artis juga dapat menarik minat para murid. Terakhir adalah e-public relations yang dilakukan berupa memberitakan kegiatan sosial serta event-event yang telah dilakukan oleh Puspita Martha dan mengupload pada website dan instagram Puspita Marta juga dapat menarik minat para murid dan potensial kliem.

English Abstract

This study aims to find out the right e-promotion strategy in attracting Puspita Martha Beauty School students. Puspita Martha itself is a company engaged in the field of beauty school services, as a pioneer of beauty schools in Indonesia and is one of the schools under the Martha Tilaar Group as a genuine Indonesian cosmetics produsen, where the marketing communication strategy is quite unique by utilizing new media namely internet by doing e-promotion strategy on Instagram and website. This research method is descriptive qualitative, with data analysis using condensation data, the results of the research Marketing communication strategy that has been carried out by Puspita Martha is fairly unique by using social media in the form of instagram to carry out e-promotion strategies, it can bring a large data base and can minimize the company's budget for conducting promotional activities and can attract the attention of Puspita Martha's target market. The use of the Instagram platform has a large portion as a means of implementation of e-promotion activities rather than other platforms such as websites, facebook and twitter because, the interest of students and potential clients is more likely to see Instagram as a source of information search for companies, where this can be concluded that the intensity of visits by students and potential clients is more visited through Instagram than on websites, Facebook and Twitter. The e-promotion strategy carried out by Puspita Martha in attracting students' interest, e-advertising, which is making videos, in the form of school activities both in class activities, teacher demos and final results of students uploaded on Instagram posts, and Instagram stories can be interesting the interest of students and potential clients to always visit the Instagram profile of Puspita Martha, e-sales promotion in the form of PDF marketing email or JPEG which is also included in e-vouchers at certain events can also attract students and potential clients. The third is e-personal selling conducted by Puspita Martha by conducting sales conferences with live Instagram forms by providing information about tips and tricks about makeup and makeup demonstrations done by alumni and Puspita Martha teachers who have been known as Makeup artists can also be interesting interest of students. The last is e-public relations which is carried out in the form of reporting on social activities and events that have been carried out by Puspita Martha and uploading on the website and Instagram Puspita Marta can also attract the interest of students and potential clients.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2018/837/051810997
Uncontrolled Keywords: E-promosi, Sekolah Kecantikan, Internet-E-Promotion, Beauty School, Internet
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 26 Jun 2019 02:16
Last Modified: 22 Oct 2021 06:55
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/163339
[thumbnail of Althofi Rozaan.pdf] Text
Althofi Rozaan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item