Pengaruh Iklan Humor Terhadap Brand Awareness (Studi Iklan Televisi Sprite Versi “Nyatanya Pas”)

Syofyan, Andri (2018) Pengaruh Iklan Humor Terhadap Brand Awareness (Studi Iklan Televisi Sprite Versi “Nyatanya Pas”). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Iklan merupakan salah satu tahap yang penting dalam proses pemasaran. Ratusan bahkan ribuan iklan telah dimunculkan agar audience atau calon konsumen mengenal merek produk yang diiklankan. Namun audience atau calon konsumen memiliki memori yang terbatas, akibatnya tidak semua informasi dapat diproses dan diingat oleh audience atau calon konsumen yang mulai jenuh terhadap iklan. Salah satu cara untuk meningkatkan perhatian terhadap audience atau calon konsumen adalah dengan cara menggunakan iklan humor pada iklan yang ditampilkan. Iklan humor diharapkan mampu meningkatkan kemampuan audience atau calon konsumen untuk mengingat sebuah merek yang disebut Brand awareness. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh iklan humor terhadap brand awareness pada iklan televisi sprite versi “nyatanya pas”. Subjek penelitian (N=100) ini adalah mahasiswa Universitas Brawijaya yang telah menonton iklan televisi sprite versi “nyatanya pas” yang berdomisili di kota Malang. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan melalui online, dan dibantu dengan bantuan SPSS 21.0 For Windows. Hasil penelitian berdasarkan uji t (parsial) Uji t dilakukan dengan cara membandingkan antara nilai thitung masing-masing variabel bebas dengan nilai ttabel dengan derajat kesalahan 5% (α = 0.05). Hasil pengujian hipotesis koefisien regresi variabel Iklan Humor (X) terhadap Brand awareness, didapatkan nilai thitung sebesar 11,492 dan didapatkan nilai signifikansi sebesar 0,000. Nilai statistik uji thitung tersebut lebih besar daripada ttabel (11,492 > 1,969) dan nilai signifikansi lebih kecil daripada α = 0,05. Pengujian ini menunjukkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel Iklan Humor (X) berpengaruh signifikan terhadap variabel Brand awareness (Y).

English Abstract

Advertising is one of the important stages in the marketing process. Hundreds or even thousands of advertisements have been raised so that the audience or prospective consumers recognize the brand of products that are used. But the audience or prospective customers have limited memory, as a result not all information can be processed and remembered by the audience or prospective customers who are getting bored with advertising. One way to increase attention to the audience or prospective customers is by using humor ads on the advertisements displayed. Humorous advertising is expected to increase the ability of the audience or potential customers to remember a brand called Brand awareness. This study aims to find out whether or not the influence of humor advertising on brand awareness in the sprite version of the television advertisement is "in fact fitting". The research subject (N = 100) is a student of Universitas Brawijaya who has watched the "nyatanya pas" version of the sprite television advertisement residing in the city of Malang. Data was collected through questionnaires distributed online, and assisted with the help of SPSS 21.0 For Windows. The results of the research are based on t test (partial) T test is done by comparing the values of t count for each independent variable with the ttable value with a 5% error degree (α = 0.05). The results of testing the regression coefficient hypothesis Humor Ad (X) variable to Brand awareness, obtained tcount of 11,492 and obtained a significance value of 0,000. The test statistic value is greater than t table (11.449> 1.969) and the significance value is smaller than α = 0.05. This test shows that H0 is rejected and H1 is accepted, so it can be concluded that the Humor Ad variable (X) has a significant effect on the Brand awareness (Y) variable.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2018/810/051810839
Uncontrolled Keywords: Iklan humor, Brand awareness, Iklan advertising, brand awareness, Advertising
Subjects: 300 Social sciences > 339 Macroeconomics and related topics
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 23 Apr 2019 03:42
Last Modified: 22 Oct 2021 05:45
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/163319
[thumbnail of Andri Syofyan.pdf]
Preview
Text
Andri Syofyan.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item