Presentasi Diri Fashion Influencer di Media Sosial (Studi Presentasi Diri Erving Goffman pada Akun @ameliaelle)

Situmorang, Golda Fransisca (2018) Presentasi Diri Fashion Influencer di Media Sosial (Studi Presentasi Diri Erving Goffman pada Akun @ameliaelle). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana Rizky Amelia mempresentasikan dirinya sebagai seorang fashion influencer di akun media sosial Instagram. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan teori presentasi diri Erving Goffman sebagai pisau analisis. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara semi tersturktur dan observasi non partisipan. Hasil data yang diperoleh dari wawancara dan observasi non partisipan kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis data Miles and Huberman. Hasil dari penelitian ini adalah presentasi diri yang dilakukan Rizky Amelia sebagai fashion influencer dituangkan dalam foto-foto yang ia unggah di media sosial Instagram. Kesimpulan kedua dari penelitian ini adalah dalam membangun citranya sebagai fashion influencer, Rizky Amelia sangat jarang menampilkan foto yang terkait dengan kehidupan privatnya, di mana foto-foto yang menunjukan kehidupan pribadinya itu diolah sedemikian rupa agar memiliki nilai estetika yang tinggi seperti foto-foto lainnya. Kesimpulan ketiga dalam penelitian ini adalah Rizky Amelia menggunakan strategi competence, exemplification dan ingratiation untuk mempresentasikan dirinya sebagai seorang fashion influencer. Kesimpulan keempat adalah sebagai seorang fashion influencer, Rizky Amelia memposisikan dirinya sebagai fashion influencer dengan gaya simple dan chic, di mana dua konsep ini konsisten ditunjukan di setiap unggahannya. Kesimpulan terakhir dari penelitian ini adalah untuk konten berbayar, Rizky Amelia tidak bisa menciptakan konten dengan bebas karena terikat oleh panduan yang disediakan oleh klien.

English Abstract

The purpose of this study is to see how the Rizky Amelia presented herself as a Fashion Influencer in Social Media. This research is qualitative description research with Ercing Goffman’s self presentation theory as a analysis tools. The data collection in this study using semi-structured interview and non-participant observation. The Results of data obtained from interviews and non-participant observations were then analyzed using Miles and Hubberman data analysis techniques. The result of this research indicates that Rizky Amelia doing self presentation as fashion influencer through photographs that she uploaded in her Instagram account. The second conclusion of this research is in building its image as a fashion influencer, Rizky Amelia very rarely show her personal life in her Instagram post, where the photos show his personal life is processed in such a way that has a high aesthetic value like other photographs . The third conclusion in this research is Rizky Amelia using competence, exemplification and ingratiation strategy to present herself as a fashion influencer. The fourth conclusion is that as a fashion influencer, Rizky Amelia positioned herself as a fashion influencer with a simple and chic style, in which two concepts are consistently shown in each her Instagram post. The final conclusion of this research is for paid content, Rizky Amelia can not create content freely because it is bound by the brief provided by the client.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2018/466/051806787
Uncontrolled Keywords: Fashion Influencer, Presentasi Diri, Media Sosial, Selebgram, Cyber Culture.-Fashion Influencer, Self Presentation, Social Media, Celebgram, Cyber Culture.
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.3 Social interaction within groups > 302.302 85 Computer aplications
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 23 Jul 2019 03:21
Last Modified: 21 Oct 2021 07:02
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/163308
[thumbnail of Golda Fransisca Situmorang.pdf]
Preview
Text
Golda Fransisca Situmorang.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item