Perbedaan Penyesuaian Akademik Pada Mahasiswa Dengan Status Diabaikan Dan Status Rata-Rata

Handayani, Ni Nyoman Wenny (2018) Perbedaan Penyesuaian Akademik Pada Mahasiswa Dengan Status Diabaikan Dan Status Rata-Rata. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perbedaan kehidupan akademik di bangku SMA dan perguruan tinggi, menuntut mahasiswa baru melakukan penyesuaian akademik. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah terdapat perbedaan penyesuaian akademik (academic adjustment) pada mahasiswa dengan status diabaikan (neglected) dan status rata-rata (average). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif komparatif dengan metode sosiometri. Teknik sampling yang digunakan adalah non-probability sampling pada mahasiswa S1 dan D3 Universitas Brawijaya angkatan 2017. Terdapat dua instrumen yang digunakan. Pertama yaitu peer assessment sociometric untuk melakukan identifikasi peer status mahasiswa. Kedua yaitu sub-skala academic adjustment pada skala Student Adaptation to College Questionnaire (SACQ) dengan reliabilitas sebesar 0,854. Penelitian menggunakan t-test menggunakan Rstudio versi 1.1.423. Hasil yang diperoleh tidak signifikan yang berarti bahwa tidak terdapat perbedaan academic adjustment pada mahasiswa dengan status diabaikan (neglected) dan status rata-rata (average) dengan p-value 0,2174 (>0,05).

English Abstract

Student’s life in college is different from high school level. Therefore, students are required to adjust to academic life This study aims to see whether there are differences in academic adjustment in students between neglected and average status. This research is a comparative quantitative research with sociometric method. The sampling technique used is non-probability sampling in the undergraduate students of Brawijaya University class of 2017. There are two instruments used. The first is peer assessment sociometric to identify peer status of student. The second is the sub-scale of academic adjustment at the Student Adaptation to College Questionnaire (SACQ) scale to measure the academic adjustment of students with reliability of 0.854. Research using t-test using Rstudio ver. 1.1.423. The results obtained are not significant which means that there is no difference of academic adjustment to the student with neglected and average status with p-value 0,2174 (> 0,05).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2018/801/051810830
Uncontrolled Keywords: Mahasiswa, penyesuaian akademik, status diabaikan, status ratarata, status teman sebaya. Academic adjustment, average college student, neglected, peer status.
Subjects: 300 Social sciences > 378 Higher education (Tertiary education) > 378.1 Organization and activities in higher education > 378.19 Guidance, discipline, physical plant, welfare, students, curricula > 378.198 Guidance, discipline, physical plant, welfare, students (Students)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Psikologi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 23 Jul 2019 03:07
Last Modified: 22 Oct 2021 05:38
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/163302
[thumbnail of Ni Nyoman Wenny Handayani.pdf]
Preview
Text
Ni Nyoman Wenny Handayani.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item