Tipe Kepemimpinan Dalam Membentuk Kepercayaan Warga (Studi Kasus di Desa Sidoasri Kecamatan Sumbermanjing Wetan Kabupaten Malang)

Bagus Maulana Andrianto (2018) Tipe Kepemimpinan Dalam Membentuk Kepercayaan Warga (Studi Kasus di Desa Sidoasri Kecamatan Sumbermanjing Wetan Kabupaten Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai tipe kepemimpinan kepala desa dalam membentuk kepercayaan warga yang berlokasi di Desa Sidoasri Kecamatan Sumbermanjing Wetan Kabupaten Malang. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengkaji bagaimana kepala desa dalam kepemimpinannya dapat membentuk kepercayaan warga Desa Sidoasri. Konsep yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan konsep dari Max Weber mengenai birokrasi dan konsep mengenai kepemimpinan. Metode dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus deskriptif. Pemilihan informan dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam masa kepemimpinan Pak Wiwik lebih menggunakan tipe kepemimpinan yang kharismatik. Hal tersebut dikarenakan ketokohan yang ada di Desa Sidoasri masih sangat erat, dimana seorang pemimpin yang ada di desa dituakan oleh warganya. Selain dari ketokohan, sikap kepemimpinan yang diterapkan oleh Pak Wiwik sebagai kepala desa ialah sikap kewibawaannya. Sikap kewibawaan yang dimilik oleh Pak Wiwik yang menciptakan kesan seorang pemimpin yang kharismatik. Hal tersebut juga diperkuat oleh wawancara informan yang merupakan perangkat desa yang bekerja bersama Pak Wiwik di pemerintahan desa sekaligus warga yang langsung merasakan kebijakan yang dibentuk oleh pemerintahan desa. Dari beberapa hasil wawancara tersebut mengungkapkan keyakinan mereka dengan pemimpin yang selama ini memimpin mereka, keyakinan mereka di tunjukkan dengan cara mematuhi dan menerima dengan terbuka kebijakan yang telah ditetapkan tersebut.

English Abstract

This research discusses the village head leadership in forming trust residents located in the village Sidoasri in Sumbermanjing Wetan Malang District. This research discussed the issue of a type leadership of the village head in forming trust residents who are located in the village Sidoasri Kecamatan Sumbermanjing Wetan Kabupaten Malang. The purpose of this research is to examine how the village head in his leadership can establish the trust of the villagers of Sidoasri Village. The concept used in this research is using the concept of Max Weber about the bureaucracy and the concept of leadership. The method in this research is qualititative with descriptive case study approach. Selection of informants in this study using purposive sampling techniques and techniques of data collection using observation, interviews, and documentation. The results of this study indicate that in the leadership of Mr. Wiwik more use of a charismatic leadership type. This is because the personality in the village of Sidoasri is still very close, where a leader in the village is elder by the citizens. Apart from the cadres, leadership attitude applied by Mr. Wiwik as the village head is his authority attitude. The attitude of authority possessed by Mr. Wiwik that creates the impression of a charismatic leader. It was also reinforced by informant interviews who were village officials working with Mr. Wiwik in the village administration as well as citizens who immediately felt the policies established by the village administration. From some of these interviews expressing their beliefs with leaders who have been leading them, their beliefs are demonstrated by adhering to and accepting openly the established policy.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2018/471/051806792
Uncontrolled Keywords: Tipe Kepemimpinan, Kepala Desa Sidoasri, Otoritas, Birokrasi-Leadership Type, Head of Sidoasri Village, Authority, Bureaucracy
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.4 Executive management > 658.409 Personal aspects of executive management > 658.409 2 Executive leadership
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 23 Apr 2019 02:38
Last Modified: 21 Oct 2021 07:08
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/163285
[thumbnail of Bagus Maulana Andrianto.pdf]
Preview
Text
Bagus Maulana Andrianto.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item