Analisis Kepentingan Brazil dalam Penerimaan Kembali Credential Letter dari Duta Besar Indonesia untuk Brazil Pada Tahun 2015

Septian G. A. P., Fransisca (2018) Analisis Kepentingan Brazil dalam Penerimaan Kembali Credential Letter dari Duta Besar Indonesia untuk Brazil Pada Tahun 2015. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kepentingan nasional merupakan dasar dari keberadaan sebuah negara. Salah satu bentuknya adalah kepentingan ekonomi. Brazil sebagai negara yang luas dan besar di kawasnnya yaitu Amerika Selatan berusaha untuk mempertahankan hubungan diplomatiknya dengan Indonesia yang telah menjadi mitra strategisnya sejak tahun 2008. Hal ini terjadi lantaran permasalahan antara kedua negara tentang ditangkapnya warga negara Brazil di Indonesia yang terlibat tindak pidana narkoba. Untuk mengetahui kepentingan nasional Brazil terhadap Indonesia, dilihat dari konsep kepentingan jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang. Melalui analisis yang dilakukan, penulis menghasilkan temuan tentang kepentingan nasional dari pemerintah Brazil. Yang pertama terkait dengan pengakuan kedaulatan, yang kedua terkait dengan kepentingan ekonomi dan yang terakhir adalah terkait dengan kepentingan ekonomi jangka panjang dari Brazil.

English Abstract

The national interest is the basic of the existence of a country. One of the forms is the economic interest. Brazil as a big and large country in the region of South America is trying to maintain diplomatic relations with Indonesia which has become its strategic partner since 2008. This happened because of problems between the two countries about the arrest of Brazilian citizens in Indonesia who are involved in drug crime. To determine the national interests of Brazil to Indonesia, seen from the concept of the interests of short term, medium term and long term. Through the analysis conducted, the authors produced findings on the national interests of the Brazilian government. The first is related to the recognition of sovereignty, the latter related to economic interests and the latter is related to the long-term economic interests of Brazil.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2018/437/051806320
Uncontrolled Keywords: Kepentingan nasional, Kepentingan ekonomi, Hubungan diplomatik, Kedaulatan negara, Brazil National Interest, Economic Interest, Diplomatic Relationship, State Sovereignty, Brazil
Subjects: 300 Social sciences > 327 International relations > 327.2 Diplomacy
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 17 Jun 2019 01:15
Last Modified: 21 Oct 2021 06:14
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/163278
[thumbnail of Fransisca Septian G. A. P..pdf]
Preview
Text
Fransisca Septian G. A. P..pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item