Implementasi Kebijakan Parkir Kota Malang Pasca Petisi

Pradana, Wigo Sukma (2018) Implementasi Kebijakan Parkir Kota Malang Pasca Petisi. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai kebijakan parkir pasca petisi yang dilakukan pemerintah kota Kota Malang setelah terjadi fenomena baru yang muncul di tengah-tengah masyarakat pada tahun 2016. Kegiatan parkir liar yang sering terjadi mengundang banyak respon dari masyarakat Kota Malang. Analisis dalam penelitian ini menggunakan teori utama komunikasi, sumberdaya, disposisi, dan struktur birokrasi. Metode yang digunakan penulis dalam menyelesaikan skripsi menggunakan metode deskriptif kualitatif, dalam teknik pengumpulan data ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi, sedangkan dalam pemilihan informan menggunakan purposive sampling, adanya analisis penelitian ini menggunakan teknik trianggulasi sumber. Adanya fenomena parkir liar yang sering terjadi mengundang banyak respon dari masyarakat Kota Malang, sehingga muncul petisi online mengenai protes masyarakat tentang pengolahan parkir yang semrawut dan sudah ditandatangani oleh banyak akun di media online. Tanggapan pemerintah Kota Malang mengenai hal itu adalah dengan membuat kebijakan parkir pasca petisi. Hasil penelitian ini menunjukan bawasannya implementasi kebijakan parkir pasca petisi ini memberikan efek yang lebih baik dengan adanya kegiatan yang lebih rinci daripada kebijakan yang sebelumnya telah dibuat. Akan tetapi, tingkat kepuasan masyarakat mengenai pengolahan parkir di Kota Malang masih kurang. Faktor utama yang menjadi permasalahan parkir di Kota Malang adalah jumlah Sumber Daya Manusia yang masih kurang, terbukti dengan banyaknya kegiatan parkir liar di Kota Malang.

English Abstract

This study discusses the post-petition parking policy conducted by the city government of Malang after a new phenomenon that emerged in the midst of society in 2016. Illegal parking activities that often occur to invite many responses from the people of Malang. The analysis in this study uses the main theory of communication, resources, disposition, and bureaucratic structure. The method used by the authors in solving the thesis using descriptive qualitative method, in this data collection techniques using interviews, observation, and documentation, while in the selection of informants using purposive sampling, the existence of this research analysis using triangulation techniques source. The existence of wild parking phenomenon that often happens to invite many responses from the people of Malang, so emerged online petition about public protests about the parking processing is chaotic and has been signed by many accounts in online media. Malang City Government's response about it is by making post-petition parking policy. The results of this study show that the implementation of this post-petition parking policy provides a better effect in the presence of more detailed activities than previously established policies. However, the level of public satisfaction about the parking processing in Malang is still lacking. The main factor that became the problem of parking in Malang City is the number of Human Resources which is still lacking, as evidenced by the number of illegal parking activities in Malang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2018/430/051806313
Uncontrolled Keywords: Pemerintah Kota Malang, petisi online, implementasi, komunikasi, sumberdaya, disposisi, struktur birokrasi Malang City Government, online petition, implementation, communication, resources, disposition, bureaucratic structure
Subjects: 300 Social sciences > 388 Transportation > 388.4 Local transportation
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 23 Apr 2019 01:38
Last Modified: 21 Oct 2021 06:08
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/163263
[thumbnail of Wigo Sukma Pradana.pdf] Text
Wigo Sukma Pradana.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item