Strategi Negosiasi dalam Transaksi Penawaran Sewa Bis (Studi pada PO. Pandawa 87 Selama Bulan Desember Tahun 2016)

Prawinegara, Dimas Wahyu (2018) Strategi Negosiasi dalam Transaksi Penawaran Sewa Bis (Studi pada PO. Pandawa 87 Selama Bulan Desember Tahun 2016). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Negosiasi digunakan marketing PO. Pandawa 87 dalam transaksi penawarn sewa bis dengan klien. Negosiasi yang dilakukan marketing terkait dengan armada yang dimiliki, harga sewa bis serta fasilitas di dalam bis. Data yang diperoleh peneliti menjelaskan bahwa jumlah bis AKAP (Antar Kota Antar Propinsi) dan Pariwisata mulai tahun 2011 hingga tahun 2015 mengalami kenaikan yang cukup siginifikan. Selain itu persaingan usaha di dalam dunia transportasi khususnya bis juga mengalami peningkatan. Hal tersebut memberikan dampak terhadap jumlah pengguna bis, khususnya pariwisata karena jumlah pengguna merupakan faktor terpenting sebagai penunjang persaingan usaha dalam bidang transportasi. Berdasarkan data pra penelitian, jumlah bis pariwisata yang tiap tahun terus mengalami peningkatan, berbanding lurus dengan pendapatan pengusaha bis tak terkecuali PO. Pandawa 87 yang mengalami peningkatan pendapatan dari tahun ke tahun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi negosiasi yang dilakukan marketing PO. Pandawa 87 dalam aktifitas transaksi penawaran sewa bis dan mengetahui tanggapan klien setelah proses negosiasi selesai dilakukan. Metodologi penelitian menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif dan teori negosiasi sebagai analisis pembahasan. Dengan menggunakan teknik pengumpulan data, diantaranya adalah wawancara, observasi, serta dokumentasi. Dari hasil penelitian diketahui bahwa proses negosiasi marketing PO. Pandawa 87 melalui beberapa tahapan yaitu persiapan, pembukaan, memulai proses negosiasi, melakukan follow up, membuat kesepakatan dan evaluasi. Strategi yang digunakan marketing PO. Pandawa 87 dalam melakukan penawaran sewa bis kepada klien adalah strategi negosiasi integratif, karena bertujuan untuk memberikan solusi bersama yang dapat menguntungkan pihak bis dan klien. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dalam proses negosiasi terdapat tahapan evaluasi yang bertujuan untuk mengetahui efisiensi dari hasil negosiasi. Strategi negosiasi yang dilakukan adalah integratif. Klien memberikan tanggapan yang positif atas kinerja marketing PO. Pandawa 87. Diperlukan pengumpulan informasi mengenai target perusahaan secara terperinci oleh marketing PO. Pandawa 87 sehingga dapat lebih mudah dalam memposisikan diri ketika melakukan proses negosiasi.

English Abstract

Negotiation used in marketing PO. Pandawa 87 in transactional offering bus rent with client. Negotiation that used in the marketing related to the fleet numbers owned, bus rent price, and bus facility. Research data that has been collected by researcher showed that the number of bus AKAP (Antar Kota Antar Provinsi) and touristic began in 2011 to 2015 experience a significance improvement. In addition, the competition in transportation business especially on bus transportation also experience the same improvement. That said subject also give a significance impact on bus user, especially on touristic due to the number of users is the most important factor as the business competition support in transportation. According to the data that has been collected on pre-research, the number on touristic bus is increasing every year, it was also the same with the businessman income including PO. Pandawa 87. The purpose of this research is to understand the negotiation that has been done by the marketing of PO. Pandawa 87 in transactional activity on offering the bus rent and to understand the client response after negotiation process has been done. The methodology on this research used descriptive-qualitative approach and negotiation theory as the anayitical tools. With interview, observation, and documentation as the technic use in data collection. The result of this research is the process of the marketing PO. Pandawa 87 involving some level of stages, that is preparation, opening, negotiation process, follow up, making evaluation and deals. Strategy that was used in the marketing of PO. Pandawa 87 in offering bus rent to the client is integrative negotiation, due to the purpose is to give a solution that could be a benefit for the involved parties. The result of this research also showed that the negotiation process include an evaluation stages that aim to understand the efficiency result of the negotiation. Negotiation strategy that was used is integrative. Client give positive responses for the work of marketing PO. Pandawa 87. The need of detailed information gathering about the company target is important for PO. Pandawa 87 so that is easier for the PO. Pandawa in taking a position in the negotiation process.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2018/490/051806811
Uncontrolled Keywords: Bis, Negosiasi, Strategi, Penawaran, Klien-Bus, Negotiation, Strategy, Offering, Client.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.4 Executive management > 658.405 Negotiation, conclic management, crisis management, contracting out > 658.405 2 Negotiation
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Sugeng Moelyono
Date Deposited: 24 Jun 2019 03:29
Last Modified: 29 Mar 2022 07:18
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/163255
[thumbnail of Dimas Wahyu Prawira N..pdf] Text
Dimas Wahyu Prawira N..pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item