Implementasi Pasal 7 Huruf G UU Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen Terkait Tanggung Jawab Jasa Ekspedisi Terhadap Konsumen Dalam Hal Kerusakan Barang ( Studi Di Indah Logistic Cargo).

Sihotang, Nenny (2018) Implementasi Pasal 7 Huruf G UU Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen Terkait Tanggung Jawab Jasa Ekspedisi Terhadap Konsumen Dalam Hal Kerusakan Barang ( Studi Di Indah Logistic Cargo). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Meningkatnya pembangunan perekonomian nasional disertai dengan perkembangan teknologi dalam masa globalisasi ini, mengubah pola pikir dan kebiasaan masyarakat dalam memenuhi kebutuhannya. Hadirnya perusahaan ekspedisi menjadikan kegiatan dalam hal pengangkutan dan pengiriman barang dari suatu tempat ketempat lain semakin mudah. Salah satu perusahaan ekspedisi adalah Indah Logistic Cargo. Perusahaan ekspedisi ini berkonsentrasi dibidang pengiriman barang antar kota dan antar negara. Karena semakin meningkatnya kebutuhan akan jasa ekspedisi menimbulkan tidak seimbangnya kedudukan konsumen dan pelaku usaha yang menimbulkan kerugian bagi pihak-pihak yang bersangkutan. Berdasarkan latar belakang tersebut diatas, maka permasalahan hukum yang dapat dikemukakan dalam penelitian ini adalah bagaimana bentuk pertanggungjawaban pelaku usaha dalam penelitian ini adalah bagaimana bentuk pertanggungjawaban pelaku usaha terhadap kerugian yang dialami konsumen sesuai dengan yang terdapat dalam pasal 7 huruf g UUPK tentang kewajiban pelaku usaha dalam memberikan ganti rugi. Dan juga apa saja hambatan dan upaya pelaku usaha dalam melaksanakan tanggung jawabnya tersebut. Untuk menjawab permasalahan diatas penelitian hukum empiris menggunakan metode pedekatan yuridis sosiologis. Bahan- bahan hukum yang diperoleh dianalisis dengan metode analisa deskriptif kualitatif sehingga dapat disajikan dalam penulisan yang lebih sistematis guna menjawab isu hukum yang telah dirumuskan. Berdasarkan pembahasan maka dapat disimpulkan, bentuk perlindungan hukum bagi konsumen yang mengalami kerugian berdasarkan pasal 7 huruf g UUPK maka konsumen harus mendapatkan haknya berupa ganti rugi dari pihak pelaku usaha sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Dan yang kedua agar tidak terjadi kerusakan barang yang yang menimbulkan kerugian maka kedua belah pihak dalam perjanjian pengiriman tersebut yaitu konsumen dan pelaku usaha harus menyadari hak dan kewajiban masing- masing.

English Abstract

Increased national economic development accompanied by technological developments in this globalization era, changing the mindset and habits of society in meeting their needs. The presence of an expedition company makes activities in terms of transportation and delivery of goods from one place to another easier. One of the expedition companies is Indah Logistic Cargo. This expedition company concentrates in the delivery of goods between cities and between countries. Due to the increasing demand for expedition services cause unbalance of the position of consumers and business actors that cause harm to the parties concerned. Based on the above background, then the legal issues that can be stated in this research is how the form of responsibility of business actors in this research is how the form of accountability of business actors against losses suffered by consumers in accordance with that contained in article 7 letter g UUPK about the obligation of business actors in provide compensation. And also what are the obstacles and efforts of business actors in carrying out these responsibilities. To answer the above problems of empirical legal research using sociological juridical approach method. The legal materials obtained were analyzed by qualitative descriptive analysis method so that it can be presented in a more systematic writing to answer the legal issues that have been formulated. Based on the discussion then it can be concluded, the form of legal protection for consumers who suffered losses based on Article 7 letter g UUPK then the consumer must get his rights in the form of compensation from the business actors in accordance with the applicable provisions. And the second in order to avoid damage to goods that cause losses, both parties in the shipping agreement that consumers and business actors must realize the rights and obligations of each.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2018/255/051805204
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: 300 Social sciences > 343 Military, defense, public property, public finance, tax, commerce (trade), industrial law > 343.07 Regulation of economic activity > 343.071 Consumer protection
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 22 May 2019 01:25
Last Modified: 23 Oct 2021 05:10
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/163093
[thumbnail of Nenny Sihotang.pdf]
Preview
Text
Nenny Sihotang.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item