Identifikasi Pola Distribusi Tata Niaga Dalam Pembentukan Harga Bawang Merah Perspektif Ekonomi Islam (Studi Di Kecamatan Sukomoro, Kabupaten Nganjuk)

Wandira, Ayu (2018) Identifikasi Pola Distribusi Tata Niaga Dalam Pembentukan Harga Bawang Merah Perspektif Ekonomi Islam (Studi Di Kecamatan Sukomoro, Kabupaten Nganjuk). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola distribusi tata niaga bawang merah dan bagaimana proses pembentukan harga pada setiap pola distribusi yang telah ada dalam sudut pandang ekonomi Islam di Kecamatan Sukomoro, Kabupaten Nganjuk. Penelitian ini berdasarkan atas teori ekonomi kelembagaan, teori tata niaga, teori produksi, teori flukstuasi harga, teori permintaan dan penawaran, dan teori pembentukan harga baik dari segi konvensional dan dari segi perspektif ekonomi Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan pendekatan studi kasus yang menggunakan informan penelitian dimana informan utama adalah petani, dan informan pendukung adalah pedagang bawang merah yang ada di daerah Kecamatan Sukomoro, Kabupaten Nganjuk. Kesimpulan dari hasil penelitian ini menjelaskan bahwa perlunya pola distribusi yang efisien bagi petani dimana petani mendapatkan keuntungan yang sesui dan konsumen sebagai pembeli akhir juga mendapatkan keuntungan sesuai dengan apa yang dibayarkannya, sehingga akan tercipta harga yang adil. Dalam hal ini, apabila dilihat dari segi kelembagaan maka harga yang adil bagi petani adalah pada pola keempat dimana petani langsung mendistribusikan hasil pertaniannya langsung kepada konsumen. Pada penelitian ini juga menjelaskan bahwa panjangnya pola distribusi, keterbasan modal, dan timbulnya biaya transaksi merupakan faktor penyebab penerimaan harga yang didapatkan oleh petani menjadi rendah

English Abstract

This study aims to determine the pattern of distribution of red onion trading system and how the process of price formation on each distribution pattern that already exist in the viewpoint of Islamic economics in Sukomoro District, Nganjuk regency.This study is based on institutional economic theory, commercial theory, production theory, price fluctuation theory, demand and supply theory, and the theory of price formation both in terms of conventional and in terms of Islamic economic perspective. This research is descriptive qualitative research by using case study approach which use informant research where main informant is farmer, and supporting informant is onion merchant in area Sukomoro District, Nganjuk Regency. The conclusion of the results of this study explains that the need for an efficient distribution pattern for farmers where farmers get a matching profit and consumers as end buyers also get benefits in accordance with what he paid, so that will create a fair price. In this case, when viewed from an institutional perspective then the fair price for farmers is in the fourth pattern where farmers directly distribute their agricultural products directly to consumers. In this study also explains that the length of distribution patterns, capital limitations, and the incidence of transaction costs is a factor causing the acceptance of prices obtained by farmers to be low.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE./2018/373/051808276
Uncontrolled Keywords: tata niaga bawang merah, pola distribusi bawang merah, pembentukan harga bawang merah, onion trade system, ekonomi onion distribution pattern, price formation of onion, ekonomi islam
Subjects: 200 Religion > 297 Islam, Babism, Bahai Faith > 297.6 Islamic leaders and organization
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 14 Jun 2019 02:44
Last Modified: 20 Oct 2021 05:36
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/163030
[thumbnail of AyuWandira.pdf]
Preview
Text
AyuWandira.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item