Implementasi Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor Melalui SAMSAT Payment Point Dalam Rangka Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik Di Kota Malang

Rusady, Wina Ardian (2018) Implementasi Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor Melalui SAMSAT Payment Point Dalam Rangka Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik Di Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pelayanan publik di bidang pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor melalui SAMSAT Payment Point merupakan salah satu bentuk untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik yang diberikan oleh Kantor Bersama SAMSAT Malang Kota. Implementasi pembayaran Pajak Kendaraan bermotor melalui SAMSAT Payment Point seharusnya menjadi pilihan bagi Wajib Pajak untuk mendapatkan kualitas pelayanan publik yang semakin baik, sehingga kesadaran masyarakat pada pentingnya membayar pajak dapat tumbuh dan potensi Pajak Kendaraan Bermotor dapat dimanfaatkan secara optimal. SAMSAT Payment Point di Kota Malang justru mengalami penurunan pelayanan Pajak Kendaraan Bermotor, hal tersebut dapat terlihat dari menurunnya rata-rata jumlah Wajib Pajak per harinya yang memanfaatkan pelayanan SAMSAT Payment Point tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan implementasi pelayanan pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor melalui SAMSAT Payment Point, kendala yang dialami dan upaya yang dilakukan oleh SAMSAT Payment Point di Kota Malang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data model interaktif Miles, Huberman dan Saldana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor melalui SAMSAT Payment Point di Kota Malang telah berjalan dengan baik, namun masih terdapat beberapa hal yang harus diperbaiki lagi seperti kurangnya Sumber Daya Manusia dan Sumberdaya Waktu yang terlalu pendek, pemahaman koordinasi petugas SAMSAT Payment Point yang masih kurang. SAMSAT Payment Point dalam memberikan pelayanan pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor mengalami berbagai kendala yang lebih banyak berasal dari eksternal pelayanan yaitu kurangnya pemahaman Wajib Pajak terkait dengan persyaratan yang diperlukan, masih banyaknya Wajib Pajak yang membayar Pajak Kendaraan Bermotor melebihi jatuh tempo pembayaran, sedangkan kendala yang berasal dari internal pelayanan hanya terkait dengan kurangnya sarana dan prasarana pelayanan yang diberikan SAMSAT Payment Point kepada Wajib Pajak. Sama halnya dengan Upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala tersebut justru lebih banyak datang dari UPT Bapenda Provinsi Jawa Timur Malang Kota maupun Kantor Bersama SAMSAT Malang Kota, baik upaya yang berbentuk tindakan secara langsung atau upaya secara preventif.

English Abstract

Public service of payment of Motor Vehicle Tax through SAMSAT Payment Point is one form to improve the quality of public services provided by SAMSAT Office Malang. Implementation of Motor Vehicle Tax Payments through SAMSAT Payment Point should be an option for Taxpayers to get better quality public services, so public awareness on how important pay taxes can grow and potential Vehicle Tax can be utilized optimally. SAMSAT Payment Point in Malang actually decreased the service of Motor Vehicle Tax, it can be seen from the decreasing average number of Taxpayer each day which utilize SAMSAT Payment Point service. The purpose of this study is to know and describe the implementation of payment service Motor Vehicle Tax through SAMSAT Payment Point, constraints experienced and efforts made by SAMSAT Payment Point in Malang. This research uses descriptive research type with qualitative approach. Data collection techniques used interview techniques, observation and documentation. Data analysis used is interactive data model analysis Miles, Huberman and Saldana. The results showed that the implementation of payment of Vehicle Tax through SAMSAT Payment Point in Malang has doing well, but there are still something that must be improved again such as lack of Human Resources and Available Time are too little, the coordination officer SAMSAT Payment Point still not enough. SAMSAT Payment Point in providing payment services Vehicle experienced many obstacles that more coming from external service that is lack of understanding of Taxpayer related to requirement that needed, still many Taxpayers who pay Vehicle Tax over payment due, while constraint coming from internal service is only related to lack of facilities and infrastructure services provided SAMSAT Payment Point to the Taxpayer. Similarly, efforts are made to overcome these obstacles even more coming from UPT Bapenda East Java Province Malang City and Office Bersama SAMSAT Malang, whether efforts in the form of direct action or efforts in a preventive manner.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2018/296/051804424
Uncontrolled Keywords: Pelayanan Publik, Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), SAMSAT Payment Point-Public Service, Motor Vehicle Tax, SAMSAT Payment Point
Subjects: 300 Social sciences > 336 Public finance > 336.2 Taxes
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 18 Apr 2019 04:04
Last Modified: 25 Oct 2021 04:23
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/163029
[thumbnail of Wina Ardian Rusady.pdf]
Preview
Text
Wina Ardian Rusady.pdf

Download (8MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item