Widigjaya, Prama Baswara (2016) Analisis Strategi Bersaing BUMN dalam Persaingan Regional Asia tenggara (Studi Kasus pada PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Pada era globalisasi saat ini perusahaan bersaing tidak hanya dalam persaingan domestik saja melainkan juga dalam persaingan global. Pemberlakuan ASEAN Free Trade Area (AFTA) pada tahun 2015, menjadikan persaingan bisnis domestik Indonesia menjadi kian ketat. Dengan dorongan adanya AFTA tersebut diperlukan strategi bersaing yang tepat bagi perusahaan dalam mempertahankan eksistensinya maupun meningkatkan performa bisnisnya di tingkat yang lebih luas. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan matrik SWOT. Dalam menganalisis lingkungan internal dan eksternal diperoleh dari informasi secara langsung maupun tidak langsung, ditunjang dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini bertujuan untuk memahami kinerja PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk, mengetahui posisi bersaing perusahaan dan penerapan strategi bersaing PT Semen Indonesia (Persero)Tbk Hasil dari penelitian ini, didapatkan kinerja korporasi cukup baik, dengan dimulainya transformasi korporasi menjadi Holding Company, PT. Semen Indonesia (Persero) dapat bekerja lebih kooperatif dengan anak perusahaan (Operating Company) dan dapat memaksimalkan daya saing pada tiap Operating Company sehingga PT. Semen Indonesia (Persero) mampu meguasai pasar domestik dan juga dapat memasuki pasar regional yang lebih luas. Posisi bersaing PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk di lingkup nasional merupakan pemimpin pasar, sedangkan pada tingkat regional, PT. Semen Indonesia (Persero) masih dalam tahap pengusik pasar (Challenger). Penerapan strategi pada PT. Semen Indonesia (Persero) adalah penerapan strategi pertumbuhan dengan melakukan ekspansi perusahaan di wilayah geografis berbeda. Penerapan strategi fokus pada segmen atau lini pasar tertentu melalui differensiasi produk menjadi cara utama PT. semen Indonesia (Persero) dalam memasuki pasar. Hasil analisis matriks SWOT, PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk secara keseluruhan telah memanfaatkan keunggulan bersaingnya untuk menutupi kelemahannya. Keunggulan dominan yang dimanfaatkan oleh perusahaan adalah kapasitas produksi yang besar dan corporate image yang baik. Keunggulan tersebut dapat menjadi strategi bersaing korporasi dalam memenangkan persaingan. Sedangkan kelemahan utama yang mendominasi dari PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk adalah kelemahan mensinergikan setiap perusahaan operating dengan holding dalam satu budaya.
English Abstract
In the current era of globalization companies compete not only in the domestic competition, but also in global competition. Implementation of the ASEAN Free Trade Area (AFTA) in 2015, making the domestic business competition in Indonesia becomes fiercer. With AFTA is needed right competitive strategy for the company in maintaining its presence and improve its business performance on a broader level. This study used a qualitative research method with a descriptive approach. The analytical tool used in this study using SWOT matrix. In analyzing the internal and external environment of the information obtained, directly or indirectly, supported by interviews, observation and documentation. This study aims to understand the performance of PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk, knowing the competitive position of the company and the application of competitive strategy PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk Results from this study, obtained corporate performance is quite good, with the start of the transformation of the corporation into a Holding Company, PT. Semen Indonesia (Persero) can work more cooperatively with subsidiaries (Operating Company) and to maximize the competitiveness of each Operating Company to PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk dominate under the domestic market and also be able to enter the broader regional market. The competitive position of PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk at the national level is the market leader, while at the regional level, PT. Semen Indonesia (Persero) is still in the stage of market tease (Challenger). Implementation of the strategy at PT. Semen Indonesia (Persero) is the implementation of a growth strategy by expanding companies in different geographic regions. Implementation of the strategy to focus on particular market segments or lines through product differentiation become the main way PT. Semen Indonesia (Persero) in entering the market. Results of the SWOT matrix analysis, PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk as a whole has leveraged its competitive advantages to cover weaknesses. The dominant advantages are utilized by the company is a large production capacity and a good corporate image. These advantages can be corporate competitive strategy to win the competition. While the main weakness of the PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk is a weakness synergize each operating company with a holding in one culture.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2015/1073/051802676 |
Uncontrolled Keywords: | Strategi bersaing, Keunggulan bersaing-Competitive strategy, competitive advantage |
Subjects: | 300 Social sciences > 338 Production > 338.6 Organization of production > 338.604 Special topics of organization of production |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | Sugeng Moelyono |
Date Deposited: | 25 Jun 2019 01:53 |
Last Modified: | 25 Oct 2021 03:27 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/163027 |
Preview |
Text
Prama Baswara Widigjaya.pdf Download (3MB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |