Sikap Etis Wajib Pajak dalam Pelaksanaan Kewajiban Perpajakan (Studi tentang Penghindaran dan Penggelapan Pajak pada Pengusaha UMKM di Kabupaten Pacitan)

Hastuti, Rini Tri (2018) Sikap Etis Wajib Pajak dalam Pelaksanaan Kewajiban Perpajakan (Studi tentang Penghindaran dan Penggelapan Pajak pada Pengusaha UMKM di Kabupaten Pacitan). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian mengenai Sikap Etis Wajib Pajak dalam Pelaksanaan Kewajiban Perpajakan (Studi tentang Penghindaran dan Penggelapan Pajak pada Pengusaha UMKM di Kabupaten Pacitan) bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis bentuk dari sikap penghindaran dan penggelapan pajak pada Wajib Pajak UMKM di Kabupaten Pacitan. Diharapkan dari penelitian ini dapat menemukan alasan-alasan yang menjadikan wajib pajak memiliki perilaku untuk melakukan penghindaran dan penggelapan pajak. Sehingga dari hasil penelitian bisa memberikan beberapa solusi untuk meminimalisirnya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Fokus penelitian ini adalah pada persepsi wajib pajak pengusaha UMKM yang berada di wilayah Kabupaten Pacitan mengenai penghindaran dan penggelapan pajak. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa perilaku penghindaran dan penggelapan pajak oleh wajib pajak pengusaha UMKM di Kabupaten Pacitan masih sering ditemukan. Faktor-faktor yang mempengaruhi tindakan ini antara lain berkaitan dengan sistem pajak, tingkat kepercayaan wajib pajak kepada pemerintah, kegiatan ekonomi, kesadaran wajib pajak, sanksi hukum, ketidaktahuan, dan pelayanan dari pegawai pajak. Perbedaan pandangan dari sisi pemerintah dan wajib pajak mengakibatkan tidak selarasnya tujuan dan hasil yang diharapkan oleh pemerintah dalam mewujudkan masyarakat yang tertib dan taat pajak. Penghindaran dan penggelapan pajak tidak bisa dihapuskan begitu saja jika hanya bergantung pada sikap wajib pajak. Pemerintah harus ikut aktif dalam memberikan motivasi untuk dapat meningkatkan moralitas pengusaha UMKM yang berdampak pada kepatuhan wajib pajak. Motivasi tersebut harus berwujud tindakan preventif maupun regresif yang berkelanjutan dan bisa menguntungkan wajib pajak sehingga mereka tidak merasa dirugikan oleh aturan yang mengikat mereka sebagai warga negara.

English Abstract

This study tells about ethical attitude taxpayers in the implemetation of tax obligation (a study about tax avoidance and tax evasion toward entrepreneur of MSMEs in Kabupaten Pacitan) aimed to know and analyze kind of attitude taxpayers about tax avoidance and tax evasion in taxpayers of MSMEs in Kabupaten Pacitan. Hoping it can explore some reasons why taxpayer can have the kind of attitude to do tax avoidance and tax evasion. Lastly, the result of this research can give some solutions to minimalize those problems. This study used a case study by using qualitative approach. This study focused on perception of MSMEs entrepreneur taxpayers in Kabupaten Pacitan, talking about tax avoidance and tax evasion. The data collection in this study was using observation, interview, and documentation. The result of this study showed that attitude of tax avoidance and tax evasion towards MSMEs entrepreneur taxpayers still be found in Kabupaten Pacitan. Some factors that influence those actions such as tax system, trust level of taxpayer toward government, economic activity, taxpayer awareness, sanction of law, ignorance of tax knowledge, and service from tax official. The different point of view between government and taxpayers cause diverse the purpose and the result from government expectation in realizing the citizen to obey the rule of tax. The tax avoidance and tax evasion cannot easy eradicated if it was only depend on taxpayers attitude. Government has to take contribution in giving motivations to increase the tax moral of MSMEs Entrepreneur, so it can create an honest attitude to pay the tax. Those motivations should be given in preventive and regresive action countiusly and that action need be usefull for the taxpayers, so they did not perceive to lose by the rule that bond them as citizen.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2018/304/051804432
Uncontrolled Keywords: penghindaran pajak, penggelapan pajak, sikap etis, UMKM-tax avoidance, tax evasion, ethical attitude, MSMEs
Subjects: 300 Social sciences > 336 Public finance > 336.2 Taxes
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 10 Apr 2019 01:49
Last Modified: 25 Oct 2021 04:28
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/163024
[thumbnail of Rini Tri Hastuti.pdf]
Preview
Text
Rini Tri Hastuti.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item