Penambahan Jumlah Armada Bus Sekolah Malang Pool D Dengan Pendekatan Simulasi Sistem Dinamis

Kurnia, Dyah (2017) Penambahan Jumlah Armada Bus Sekolah Malang Pool D Dengan Pendekatan Simulasi Sistem Dinamis. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Bus sekolah yang telah beroperasi dari bulan Februari 2015 memiliki tanggapan positif dari pihak sekolah dan orangtua siswa karena dapat mengurangi rasio beban jalan serta kedisiplinan siswa dalam penggunaan kendaraan bermotor dibawah umur. Bus sekolah malang memiliki 6 unit yang telah beroperasi dimana 5 unit berasal dari pemerintah kota malang yaitu POOL A, POOLB, POOL C, POOL E, POOL F dengan kapasitas sebesar 35 orang dan 1 unit berasal dari CSR bank jatim yaitu POOL D dengan kapasitas sebesar 45 orang. Bus sekolah beroperasi sebanyak 2 kali yaitu pada pagi hari untuk mengantarkan siswa ke sekolah dan siang hari untuk menjemput siswa pulang kerumah. Dari data yang di dapat, POOL D memiliki penumpang terbanyak yang melebihi kapasitas awal yaitu kurang lebih 52 orang. Selain itu, pada siang hari, siswa SMPN 10 tidak terangkut karena bus sekolah telah penuh diisi oleh siswa SMPN 23. Penambahan jumlah armada bus sekolah dilakukan dengan menggunakan metode simulasi sistem dinamis. Langkah pertama yang dilakukan adalah observasi sistem transportasi bus sekolah saat ini. Setelah itu dibuat causal loop diagram untuk melihat hubungan antar variabel yang berpengaruh. Setelah causal loop sudah disetujui maka tahap selanjutnya adalah pembuatan model pada program powersim studio 10 dengan mengisi formulasi. Setelah model jadi maka dilakukan verifikasi dan validasi model untuk melihat apakah model telah sesuai dengan sistem nyata. Hasil dari penelitian tersebut adalah kondisi pada saat ini dengan menggunakan 1 armada dimana ada siswa yang tidak terangkut setiap tahunnya, maka dari itu digunakan 2 skenario untuk penambahan bus sekolah. Skenario pertama adalah penambahan 1 armada bus sekolah setiap tahun. Penambahan 1 armada setiap tahun jumlah siswa dapat terangkut semua pada tahun ke-13 dengan menggunakan 14 armada dimana 3 buah kursi kosong yang tersisa. Kepadatan jalan terjadi pada tahun ke-16 dengan batas maksimal 0,9. Dapat dilihat bahwa penambahan armada sampai pada tahun ke-13 masih memungkinkan. Skenario ke 2 merupakan penambahan 2 armada setiap tahun. Pada tahun ke-4, siswa dapat terangkut semua dengan menggunakan 9 armada dimana 20 buah kursi kosong yang tersisa. Kepadatan jalan untuk penambahan 2 armada setiap tahun terjadi pada tahun ke-17 sehingga penambahan sampai pada tahun ke 4 masih memungkinkan.

English Abstract

School buses that have operated from February 2015 have positive responses from schools and parents as they can reduce the ratio of road charges and student discipline in underage vehicle use. The Malang school bus has 6 units that have been operated where 5 units come from the city government of Malang, POOL A, POOLB, POOL C, POOL E, POOL F with capacity of 35 people and 1 unit comes from CSR bank jatim that is POOL D with capacity of 45 people. School buses operate twice in the morning to take students to school and during the day to pick up students home. From the data, POOL D has the most passengers that exceeded the initial capacity of approximately 52 people. More over, at noon, student of SMPN 10 are not transported because the scool bus are already fulled by student of SMPN 23. The addition of the school bus transportation is done by using dynamic system simulation method. The first step is to observe the current school bus transportation system. After that made causal loop diagram to see the relationship between influential variables. Once the causal loop has been approved then the next step is modeling the powersim studio 10 program by filling out the formulation. After the model is finished, the verification and validation model can be done to see whether the model has been accordance with the real system. The result of this above study at this time by using 1 bus transportation where there are students who are not transported every year, therefore 2 scenarios are used for the addition of school bus. The first scenario is the addition of 1 school bus transportation each year. The addition of 1 bus transportation each year the number of students can be transported all in the 13th year by using 14 bus transportation of which is 3 empty seats are left. Road density occurs in the 16th year with a maximum limit of 0.9. It can be seen that the addition of a bus transportation until the 13th year is still possible. The second scenario is the addition of 2 bus transportation each year. In the 4th year, students can be transported all by using 9 bus transportation of which 20 empty seats are left. Road density for the addition of 2 bus transportation each year occurs in the 17th year so that the addition until the 4th year is still possible.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2017/691/051707284
Uncontrolled Keywords: Sistem Dinamis, Simulasi , Sistem Transportasi, Bus Sekolah
Subjects: 300 Social sciences > 379 Public policy issues in education > 379.1 Specific elements of support and control of public education
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 24 Aug 2017 06:32
Last Modified: 20 Dec 2020 06:15
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/1630
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (510kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (745kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (487kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (334kB)
[thumbnail of BAGIAN DEPAN.pdf] Text
BAGIAN DEPAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (404kB)

Actions (login required)

View Item View Item